Indonesia Masuk Tahun Politik, Bagaimana Dampaknya ke Investasi?

Kampanye dengan pengerahan massa/Ilustrasi
Kampanye dengan pengerahan massa/Ilustrasi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yusran Uccang

VIVA Bisnis – Indonesia memasuki tahun politik pada 2023 dan 2024. Pemilihan Umum (Pemilu) yang salah satunya pemilihan presiden akan diselenggarakan pada tahun depan. Lalu apa pengaruhnya ke ekonomi Indonesia, khususnya investasi?

Chief Economist Bank Mandiri, Andry Asmoro menyatakan, tahun politik bagi investasi Indonesia memiliki pengaruh yang positif. Hal itu karena Indonesia memiliki citra stabilitas politik yang baik.

Andry mengatakan, sebetulnya fundamental politik di Indonesia tidak ada yang berubah sejak era reformasi. Karena tahun politik di Indonesia justru akan menjadi nilai jual yang tinggi kepada investor untuk berinvestasi.

"Indonesia bisa jaga stabilitas politik, iklim politik. Itu bisa membuat harapan untuk tetap spending, kalau spendingnya bagus inventor bisa lihat Indonesia positif nih," kata Andry kepada wartawan, dikutip Rabu, 25 Januari 2023.

Chief Economist Bank Mandiri, Andry Asmoro.

Chief Economist Bank Mandiri, Andry Asmoro.

Photo :
  • VIVA/Anisa Aulia

Andry menuturkan, itu berbanding terbaik dengan tahun politik di negara Brasil yang menyebabkan kekacauan. Kekacauan itu berpengaruh kepada investasi yang menurun.

"Coba bayangin you have Rp 1 triliun terus politiknya gonjang-ganjing tenang enggak tuh naro itu? Itu yang Indonesia bisa jual, stabilitas politik 2023 bahkan spending yang meningkat," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title