PGN Uji Coba Truk Berbahan Bakar LNG untuk Distribusi Energi

PGN uji coba truk berbahan bakar LNG.
PGN uji coba truk berbahan bakar LNG.
Sumber :
  • Dok. PGN.

VIVA Bisnis – Subholding Gas Pertamina, PT  PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) menerapkan sistem Diesel Dual Fuel (DDF) pada truk pengangkut energi seperti Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertamina maupun pengangkut gas bumi. Hal ini disebut sejalan dengan perluasan pemanfaatan gas bumi di seluruh sektor baik industri, komersial hingga transportasi.

Lewat sistem tersebut, PGN bersama dengan anak usahanya PT Gagas Energi Indonesia (Gagas) menerapkan penggunaan Liquified Natural Gas (LNG) atau gas bumi dalam bentuk cair sebagai bahan bakar untuk truk pengangkut bahan bakar.

Uji coba truk LNG ini dilepas langsung oleh Direktur Operasi dan Komersial Gagas, Dian Kuncoro dari Kelapa Gading, Jakarta dengan didampingi oleh perwakilan dari PGN dan Pertamina pada pekan ketiga Januari 2023.

Direktur Utama Gagas, Muhammad Hardiansyah menjelaskan bahwa uji coba ini merupakan salah satu upaya Gagas dan Subholding Gas Group untuk memperluas pemanfaatan gas bumi khususnya untuk sektor transportasi.  Komitmen penerapan DDF ini, lanjutnya, sejalan dengan rencana strategis Pertamina dalam perluasan pemanfaatan gas bumi di era transisi energi saat ini.

"Kami mendukung 100 persen upaya Pertamina dalam pemanfaatan energi ramah lingkungan dan bebas subsidi," katanya dalam keterangan tertulis, Selasa, 24 Januari 2023.

PGN uji coba truk berbahan bakar LNG.

PGN uji coba truk berbahan bakar LNG.

Photo :
  • Dok. PGN.

Ia melanjutkan, pemanfaatan gas bumi sektor transportasi ini akan membantu Pemerintah dalam menekan subsidi energi juga membantu pemerintah dalam menjalankan peta biru pencapaian target komitmen menuju Net Zero Emission

Halaman Selanjutnya
img_title