Jadi Pembicara di WEF, Anindya Bakrie Paparkan Cerahnya Masa Depan RI di Era Transisi Energi

Anindya Bakrie di acara World Economic Forum (WEF).
Anindya Bakrie di acara World Economic Forum (WEF).
Sumber :
  • Instagram @anindyabakrie

VIVA Bisnis – Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia, Anindya Bakrie menyampaikan bagaimana potensi bisnis Indonesia saat ini dan cerahnya masa depan RI di era transisi energi dalam perhelatan World Economic Forum (WEF) yang digelar di Davos, Swiss. Anindya juga mengucapkan syukur turut serta dalam event internasional ini. 

 "Alhamdulillah, tahun ini dapat berpartisipasi di kota pegunungan salju Davos sebagai Partner @worldeconomicforum untuk ke 12 kalinya," sebagaimana dikutip dari Instagram @anindyabakrie, Rabu, 25 Januari 2023.

Presiden Direktur PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) itu menjelaskan, dalam perhelatan WEF kali ini, setidaknya terdapat dua hal mendasar yang relevan untuk Indonesia. Pertama yakni soal profil Indonesia yang benar benar sangat positif, terutama pascapandemi COVID-19, Presidensi G20, serta konflik Rusia-Ukraina.

"Terlihat dari data performa ekonomi kita yang luar biasa, apalagi bila dibandingkan dengan negara Barat di G20 lainnya," ujarnya.

Ilustrasi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Ilustrasi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin

Kedua, yakni fokus terhadap dekarbonisasi yang benar-benar menjadi tema sentral dalam WEF kali ini. Karenanya, Anindya yakin bahwa Indonesia bakal makin bersinar di kancah geopolitik, yang mencakup sejumlah aspek. Misalnya seperti soal potensi energi terbarukan, sumber daya alam yang dibutuhkan dunia seperti nikel, tembaga, bauksit, dan lain sebagainya, hingga potensi untuk penyerapan CO2 dengan hutan Mangroves dan Peat Lands-nya.

"Ini lah yang menyebabkan saya bersama kolega Kadin Indonesia berkerja sama dengan Pemerintah dalam mensosialisaikan posisi Indonesia yang 'baru' dalam politik global dan ekonomi global," ujar Anindya.

Halaman Selanjutnya
img_title