Finlandia Berencana Gabung NATO Tanpa Swedia Pascapembakaran Al Quran

Menteri Luar Negeri Finlandia Pekka Haavisto.
Menteri Luar Negeri Finlandia Pekka Haavisto.
Sumber :
  • AP Photo/Virginia Mayo.

VIVA Dunia – Diplomat top Finlandia memberikan sinyal bahwa negara itu harus bergabung dengan NATO tanpa Swedia, setelah presiden Turki dengan tegas menolak dukungan bagi Swedia, setelah insiden protes yang meliputi pembakaran Al Quran.

"Kami masih harus mengevaluasi situasi jika ternyata aplikasi (keanggotaan NATO) Swedia tertunda lama,” kata Menteri Luar Negeri Finlandia, Pekka Haavisto.

Komentar itu muncul sehari setelah Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memperingatkan Swedia untuk tidak mengharapkan dukungan Turki untuk menjadi anggota NATO, menyusul protes akhir pekan di Stockholm oleh aktivis anti-Islam dan kelompok pro-Kurdi.

VIVA Militer: Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan

VIVA Militer: Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan

Photo :
  • foxnews.com

Sebagai https://www.viva.co.id//berita/dunia/1568260-finlandia-berencana-gabung-nato-tanpa-swedia-pascapembakaran-al-quran, pengajuan anggota Swedia dan Finlandia untuk bergabung dengan aliansi tersebut membutuhkan persetujuan dari semua anggota NATO yang ada, termasuk Turki, yang sejauh ini telah memblokir ekspansi tersebut. Turki mengatakan Swedia secara khusus perlu menindak militan Kurdi yang diasingkan dan simpatisan mereka.

Hingga saat ini, Swedia dan Finlandia telah berkomitmen untuk bergabung bersama aliansi tersebut, tetapi komentar Haavisto tampaknya menunjukkan bahwa Finlandia sedang mempertimbangkan untuk melanjutkan keanggotaannya tanpa Swedia.

"Kami menghubungi Finlandia untuk mencari tahu apa yang sebenarnya dimaksud," kata Menteri Luar Negeri Swedia Tobias Billstrom, dikutip dari AP, Selasa, 24 Januari 2023.

Halaman Selanjutnya
img_title