Pemerintah Siapkan Rp476 Triliun untuk Anggaran Perlindungan Sosial Tahun 2023

 Menteri Keuangan  Sri Mulyani dan Menteri Sosial Tri Rismaharani di Malang.
Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Sosial Tri Rismaharani di Malang.
Sumber :
  • ecetemelkuran.com/ Lucky Aditya (Malang)

VIVA Nasional – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengungkapkan pemerintah telah menyiapkan Rp476 triliun untuk pengentasan kemiskinan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2023. 

Anggaran perlindungan sosial ini diharapkan benar-benar diberikan kepada warga miskin dan tidak dikorupsi oleh pejabat yang berwenang. Dia juga berharap agar anggaran besar ini segera di salurkan kepada masyarakat rentan. 

"Karena ini penting sekali, anggaran perlindungan sosial memang tujuannya untuk melindungi masyarakat yang paling rentan dan miskin. Semoga seluruh anggaran benar-benar bisa dimanfaatkan sesuai peruntukannya dan dirasakan oleh mereka yang membutuhkan, dan tidak dikorupsi," kata Sri di Malang, Jumat, 20 Januari 2023. 

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Photo :
  • VIVA/Anisa Aulia

Sri Mulyani bersama Menteri Sosial Tri Rismaharani memantau berbagai program untuk mengentaskan kemiskinan di Pujon, Kabupaten Malang pada Jumat, 20 Januari 2023. Dia ingin melihat realisasi sejumlah program kesejahteraan dan bantuan sosial yang disalurkan ke warga Malang. 

Sri Mulyani mengatakan, nantinya pemanfaatan anggaran di 2023 akan berbeda dengan 2022 lali. Ada beberapa penyesuaian karena tahun lalu masih dalam suasana pandemi COVID-19. Sehingga bantuan seperti minyak goreng, bantuan subsidi upah, sampai bantuan pedagang kaki lima akan disesuaikan dengan kebutuhan 2023 ini.

"Pada tahun 2022 memang harus diakui jika situasi pandemi (COVID-19) dan ada guncangan harga minyak goreng berpengaruh. Sehingga beberapa anggaran pada 2022 tidak diteruskan. Sehingga program yang ada pada 2022 akan didesain ulang, tergantung kepada kementerian dan lembaga," ujar Sri. 

Halaman Selanjutnya
img_title