Kasus WNI Dibui di Saudi Usai Lecehkan Wanita saat Umrah, Kemenag Minta Jemaah Luruskan Niat

Jemaah haji menerapkan social distancing saat melaksanakan tawaf qudum
Jemaah haji menerapkan social distancing saat melaksanakan tawaf qudum
Sumber :
  • Twitter @HajMinistry

VIVA Nasional – Juru Bicara Kementerian Agama, Anna Hasbie mengatakan Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia telah mendampingi warga negara Indonesia (WNI), Muhammad Said (26) yang dihukum penjara karena diduga melakukan pelecehan seksual terhadap jemaah wanita asal Lebanon saat tawaf di Masjidil Haram, Makkah.

"Kami memang sudah koordinasi dengan pihak Kemenlu. Setahu kami pihak Kemenlu sudah memberikan pendampingan. Sudah ada lawyer yang menangani itu. Masing-masing punya otoritas, kami sudah berkoordinasi dengan Kemenlu," kata Anna di Hotel Borobudur pada Selasa, 24 Januari 2023.

Kemudian, Anna menanggapi langkah apa yang akan dilakukan agar tidak terjadi lagi hal seperti ini. Sebetulnya, kata dia, Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Arab Saudi memiliki hukum yang berbeda-beda. Tentu, kata dia, Kementerian Agama tugasnya memberikan pembekalan terhadap travel umrah.

Jubir Kemenag Anna Hasbie dan Plt. Dirjen Bimas Katolik A.M. Adiyarto Sumardjono

Jubir Kemenag Anna Hasbie dan Plt. Dirjen Bimas Katolik A.M. Adiyarto Sumardjono

Photo :
  • Dok. Istimewa

"Itu kan sudah dilakukan secara reguler. Bagaimana penyelenggaraannya dan aturan yang harus ditaati disana. Haji saja kan ada aturan yang baru, selalu dinamis dan kita menghttps://www.viva.co.id//berita/nasional/1568168-kasus-wni-dibui-di-saudi-usai-lecehkan-wanita-saat-umrah-kemenag-minta-jemaah-luruskan-niatkan ke penyelenggara umrah. Jadi memang tugasnya melakukan pembekalan ke travel itu," jelas dia.

Oleh karena itu, Anna mengingatkan semua pihak agar tidak melakukan aksi-aksi yang melanggar hukum selama menjalankan ibadah umroh maupun haji di Tanah Suci Mekah. Termasuk travel supaya memberikan pembekalan kepada para jamaahnya.

"Semua pihak sih kalau hal yang melanggar hukum di mana pun secara sederhana, dimana pun hitam putih. Jadi memang sebaiknya orang-orang juga. Apalagi ini Tanah Suci, kan harusnya niatnya ibadah dan positif thinking agar tidak terjadi macam-macam," tegasnya

Halaman Selanjutnya
img_title