23 Ribu Orang Jadi Korban, JPU Bakal Kasasi Vonis Bebas Terdakwa Kasus KSP Indosurya

Koordinator Tim JPU, Syahnan Tanjung.
Koordinator Tim JPU, Syahnan Tanjung.
Sumber :
  • Andrew Tito/VIVA.

VIVA Nasional – Mejelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Barat memvonis bebas terdakwa kasus penggelapan KSP Indosurya atas nama Henry Surya dalam proses sidang yang dijalankan hari ini, Selasa 24 Januari 2023 di Pengadilan Negeri Jakarta Barat.

Menanggapi vonis bebas tersebut, Koordinator Tim JPU, Syahnan Tanjung mengatakan bahwa pihak JPU akan mengajukan permohonan kasasi atas putusan tersebut.

"Tidak hanya saya (yang kecewa), yang 23 ribu orang, dari korban. Nah sekarang kita kalau ditanya apa upayanya?" ujar Syahnan dalam keterangannya kepada awak media di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Selasa, 24 Januari 2023.

Syahnan mengenaskan proses kasasi akan dijalankan berdasarkan dengan hukum yang berlaku."Saya bilang kasasi, karena jalan prosedur hukum begitu," ujarnya.

Syahnan mengatakan, terdakwa Henry Surya tidak akan dikeluarkan dari rumah tahanan (rutan) apabila pihaknya belum menerima surat penetapan hakim. Apalagi kasus tersebut akan dibawa pihaknya dan dilaporkan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pendiri KSP Indosurya Henry Surya divonis bebas PN Jakarta Barat

Pendiri KSP Indosurya Henry Surya divonis bebas PN Jakarta Barat

Photo :
  • VIVA/Andrew Tito

"Kalau ada penetapannya baru kita keluarkan. Itu aturan mainnya, Dan saya akan laporkan ke Presiden, saya pribadi, akan saya laporkan hakim ini. Saya akan laporkan pribadi, nama saya Syahnan Tanjung ya, ini lengkap, saya enggak mau begini-begini pengadilan. Ini putusan paling aneh, putusan enggak berpihak pada korban," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title