Tolak Perpanjang Masa Jabatan Kades, Fahri Hamzah: Harus Kita Tentang!

Fahri Hamzah, Wakil Ketua Umum Partai Gelora Indonesia
Fahri Hamzah, Wakil Ketua Umum Partai Gelora Indonesia
Sumber :
  • Partai Gelora

VIVA Nasional – Politikus reformasi sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah, dengan tegas menolak perpanjangan masa jabatan kepala desa (kades). Ia berpendapat apabila pemimpin dianggap penting oleh rakyat, tanpa meminta perpanjangan, pemimpin tersebut akan dipilih kembali.

“Merevisi Undang-Undang Desa ini harus ditentang, pake segala minta 9 (Sembilan) tahun lah, gak boleh. Kalau kamu para pemimpin dirasa penting oleh rakyat, kamu akan dipilih kembali oleh rakyat, tenang aja,” ujar Fahri Hamzah dalam acara The Vote Talk Series di Universitas Bakrie, Jakarta Selatan, Selasa 24 Januari 2023

Fahri Hamzah dan Tim Peneliti Laboratorium Universitas Bakrie

Fahri Hamzah dan Tim Peneliti Laboratorium Universitas Bakrie

Photo :
  • VIVA: Surya Aditiya

Fahri beranggapan para pemimpin seharusnya fokus berbicara tentang perubahan, hal ini dikarenakan tujuan pemimpin adalah untuk menemukan perubahan atau pembeda. Oleh karenanya, ia sangat menyayangkan demo kades di depan gedung DPR Senin, 16 Januari lalu.

“Makanya semakin elected official (pejabat terpilih) ingin permanen, maka harus kita tentang. Dalam demokrasi itu yang penting adalah rakyat dan institusinya. Pemimpin itu tidak penting, karena apa, karena mereka setiap periode datang dan pergi,” tegasnya

Aktivis 1998 ini juga berpendapat bahwa perpanjangan masa jabatan kepala desa seharusnya diturunkan dari yang semula enam tahun menjadi lima tahun.

Halaman Selanjutnya
img_title