Ridwan Kamil 'Anak Kandung Desentralisasi' seperti Jokowi, Kata Pengamat Politik UIII

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Politik – Pengamat politik pada Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) Philips J Vermonte mengatakan langkah Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil untuk bergabung Partai Golkar bisa memperkuat daya tawar partai politik tersebut.

Keputusan orang nomor satu di provinsi Jawa Barat untuk menjadi kader Partai Golkar dinilai tepat dan strategis bagi kedua belah pihak.

"Itu karena orang-orang seperti Kang Emil bisa mewarnai bagaimana partai politik melakukan fungsinya. Ada beberapa fungsi: pengawasan, pembuat undang-undang, fungsi perwakilan, dan budgeting. Dari empat itu tiga di antaranya fungsi teknokratis," kata Philips J Vermonte ketika dihubungi, Rabu, 18 Januari 2023.

Ridwan Kamil dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto Ketemu

Ridwan Kamil dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto Ketemu

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Philips mengatakan keputusan Ridwan Kamil merupakan langkah strategis dan menguntungkan dilihat dari latar belakangnya yang teknokratis.

Pengalaman Ridwan Kamil di bidang eksekutif, juga arsitek yang paham bidangnya, katanya, akan menambah kemampuan Partai Golkar untuk bisa tetap menjadi partai teknokrat sebagaimana awalnya dibentuk oleh golongan karya.

Halaman Selanjutnya
img_title