Ridwan Kamil Diterima di Kalangan Muda dan Perempuan Jadi Investasi Besar Golkar, Kata Pengamat

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Politik – Pengamat politik Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA) Herry Mendrofa menyoroti keputusan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bergabung dengan Partai Golkar dan menjadi kader partai itu.

Langkah Ridwan Kamil tersebut, katanya, keputusan yang tepat dan bisa memberikan dampak elektoral yang besar bagi Golkar, katanya, Kamis, 19 Januari 2023.

Sekurang-kurangnya, kata dia, eksistensi Golkar di Provinsi Jawa Barat kembali menguat setelah Ridwan Kamil menjadi kader Golkar. Basis elektoral Golkar, terutama simpatisan dan massa tradisional, akan lebih besar karena posisi sebagai kepala daerah.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Ridwan Kamil, menurutnya, memiliki eksistensi baik yang bakal memperkuat ceruk elektoral dari segmen pemilih muda dan perempuan. "Jika diukur dari sisi popularitas, RK (Ridwan Kamil) cukup baik diterima di segmen pemilih muda dan perempuan yang artinya ini juga menjanjikan bagi kuatnya eksistensi Golkar ke depannya."

Selain itu, penguasaan media sosial yang baik oleh Ridwan Kamil selama ini juga menambah dukungan elektoral bagi Golkar. Media sosial menjadi salah satu instrumen pemasaran politik dan keberadaan Ridwan Kamil yang juga populer di media sosial bisa menjadi energi elektoral baru bagi Golkar.

Halaman Selanjutnya
img_title