Merasa Berhak Usulkan Sandiaga Uno Capres, PPP Tegaskan KIB Tidak Dimonopoli Satu Partai

Muhamad Mardiono Plt Ketua Umum PPP
Muhamad Mardiono Plt Ketua Umum PPP
Sumber :
  • VIVA/Rosikin

VIVA Politik – Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mulai secara terbuka mewacanakan untuk mengajukan Sandiaga Uno sebagai calon presiden atau calon wakil presiden pada pemilu tahun 2024 menyusul rumor kepindahan Sandiaga dari Partai Gerindra ke partai Ka'bah.

PPP, sebagai partai anggota Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN), merasa memiliki hak juga untuk mengajukan nama capres maupun cawapres. Meski Golkar sebagai partai terbesar di KIB telah jauh-jauh hari mengajukan nama sang Ketua Umum Airlangga Hartarto sebagai calon presiden, PPP menganggap keputusan itu masih bisa dinegosiasikan seiring dinamika politik.

Pelaksana Tugas Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono mengatakan, partainya, sebagaimana partai lain dalam KIB, berhak mengajukan siapa pun sebagai calon pemimpin bangsa. Partai Golkar memang telah memutuskan nama Airlangga Hartarto. PAN mewacanakan, misalnya Ganjar Pranowo dan Erick Thohir. Sedangkan PPP mulai memunculkan nama Sandiaga Uno meski sesekali juga mengusulkan Ganjar Pranowo.

 Muhamad Mardiono Plt Ketua Umum PPP

Muhamad Mardiono Plt Ketua Umum PPP

Photo :
  • VIVA/Rosikin

"Jadi, koalisi ini juga bukan dalam monopoli politik; bukan monopoli politik artinya koalisi ini adalah membangun membangun persatuan," kata Mardiono dalam wawancara eksklusif dengan VIVA pada program The Interview di Jakarta, 11 Januari 2023.

Kawah candradimuka

Halaman Selanjutnya
img_title