Pendaftaran Seleksi Masuk Madrasah Aliyah Unggulan Dibuka Secara Online

 Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) untuk MAN
Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) untuk MAN
Sumber :
  • Humas Kemenag

VIVA Edukasi - Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) untuk Madrasah Aliyah (MA) unggulan dibuka secara online. Pendaftaran SNPDB dibuka secara online, dari 9 Januari hingga 11 Februari 2023.  Ada tiga pilihan pendaftaran, yaitu: Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC), Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan (MAN PK), dan Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri (MAKN).  

“SNPDB digelar untuk mendapatkan calon peserta didik terbaik, sekaligus membuka kesempatan bagi seluruh anak bangsa untuk berkompetisi mendapatkan layanan pendidikan terbaiknya," jelas Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah M. Isom di Jakarta, Selasa (10/1/2022) melansir dari laman resmi kemenag.

 Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) untuk MAN

Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) untuk MAN

Photo :
  • Humas Kemenag

Isom mengatakan, SNPDB Tahun Pelajaran 2023/2024 sengaja dilakukan lebih awal. Dia berharap seleksi ini dapat menjaring lulusan terbaik siswa MTS/SMP, dalam negeri maupun luar negeri, yang memiliki potensi kecerdasan tinggi di bidang akademik, keimanan dan ketakwaan serta berkepribadian yang unggul, dan berwawasan kebangsaan yang tinggi.

Dijelaskan Isom setiap pilihan kelompok madrasah memiliki keunggulannya masing-masing. MAN IC misalnya, madrasah ini memiliki keunggulan di bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) serta diperkuat dengan Iman dan Taqwa (Imtaq). Keberadaan MAN Insan Cendikia ini diharapkan dapat berfungsi sebagai Magnet School yaitu menjadi model dan inspirasi bagi madrasah-madrasah lain di sekitarnya. 

"MAN Insan Cendekia ini seringkali menggondol prestasi olimpiade, baik tingkat nasional maupun Internasional. Ada 24 MAN IC yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia,” papar Moh. Isom.

MAN Program Keagamaan adalah Madrasah Aliyah yang menyiapkan peserta didiknya untuk mendalami ilmu-ilmu keagamaan Islam (tafaqquh fiddin). Tujuannya, mendidik mereka untuk menjadi ulama dan cendekiawan muslim nusantara. 

Halaman Selanjutnya
img_title