1.289 Sekolah Tidak Memiliki Guru Agama Islam, Ini Tanggapan Gubernur Sumut

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi
Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi
Sumber :
  • B.S.Putra/VIVA

VIVA Edukasi - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi memberikan tanggapan terkait 1.289 sekolah di Sumatera Utara, baik tingkat SD, SMP hingga SMA/SMK tidak memiliki guru agama Islam seperti yang disampaikan oleh Kepala Dinas (Kadisdik) Sumut, Asren Nasution.

Gubernur Edy membantah apa yang disampaikan anak buahnya tersebut. Menurutnya, guru agama islam terpenuhi di setiap sekolah di Sumut. Namun, statusnya guru honorer.

"Sebenarnya bukan tidak punya, guru agama islam. Hanya dia masih berada dalam posisi honor," sebut Gubernur Edy kepada wartawan di depan Aula Tengku Rizal Nurdin, di Jalan Jendral Sudirman, Kota Medan, Selasa 24 Januari 2023. 

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi.

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi.

Photo :
  • VIVA/B.S. Putra

Mantan Pangkostrad itu, apa yang disampaikan oleh anak buahnya tersebut dinilai ada kekeliruan, karena, cuma menerima data guru agama Islam berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN), tidak melihat guru agama Islam yang masih honorer.

"Yang dimaksud itu adalah dia guru berstatus ASN, banyak lulusan-lulusan kita yang bisa mengajar, inilah sedang kita urus. Karena yang menentukan itu adalah pusat, harus menjadi punya NIP (Nomor Induk Pegawai)," sebut Gubernur Edy.

Sebelumnya, Kadisdik Sumut, Asren Nasution mengaku terkejut melihat kondisi dunia pendidikan di Sumut ini. Karena, tercatat sebanyak 1.289 sekolah tidak memilik guru agama Islam.

Halaman Selanjutnya
img_title