Manusia Cenderung Menutup Mulut Saat Dengar Kabar Buruk, Ini Sebabnya

ilustrasi mendengar kabar buruk
ilustrasi mendengar kabar buruk
Sumber :
  • 8photo/freepik

VIVA Lifestyle  – Seorang ahli bahasa tubuh membeberkan mengapa sebagian orang refleks menutup mulutnya dengan tangan ketika mendapat berita buruk. Rupanya perilaku tersebut sudah ada sejak jutaan tahun yang lalu.

Dilansir dari Daily Mail, mantan agen FBI Joe Navarro membagikan alasan di balik gerakan protektif. Ia menjelaskan bahwa respons itu adalah satu dari tiga perilaku yang diadaptasi manusia jutaan tahun lalu – ketika manusia dikelilingi oleh predator setiap hari dan harus berkomunikasi secara diam-diam.

“Jika kita melihat sesuatu yang merupakan ancaman, kita diam. Kenapa? Seandainya kita lari menghadapi ancaman, kita akan dikejar, tersandung, dan digigit, jadi kita belajar diam,” kata Navarro.

ilustrasi kaget

ilustrasi kaget

Photo :
  • nakaridore/freepik

“Semua orang yang diam, binatang itu terus berjalan. Siapa yang berlari, dimakan. Mereka tidak bisa mewariskan gen,” lanjutnya. 

Kemudian saat ada ancaman, manusia juga cenderung menutup mulutnya. Hal tersebut disebabkan zaman dulu predator bahkan bisa mendengar napas manusia.

“Predator mendengarkan pernapasan manusia, hewan, dan dengan menutup mulut serta hidung kita, mencegah semua partikel ini masuk ke udara yang kemudian dapat dicari oleh hewan,” jelas pria berusia 69 tahun.

Halaman Selanjutnya
img_title