Hari ini Friday 13th, Benarkan Bisa Bawa Sial Buat Semua Orang?

Friday 13th
Friday 13th
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Lifestyle – Hari ini Jumat 13 Januari 2023, tanggal ini mendadak menjadi sorotan terkait dengan julukan Friday the 13th. Friday 13th ini menjadi tanggal yang selalu diwaspadai oleh orang banyak.

Friday 13th memiliki reputasi yang menakutkan, bahkan kerap dijadikan inspirasi dalam film horor. Faktanya, angka 13 secara keseluruhan telah dicap sebagai pertanda buruk sampai-sampai beberapa lift hotel tidak memiliki lantai 13 karena percaya takhayul tersebut. Yuk, scroll untuk info selengkapnya.

Ketika sebagian besar dari kita mendengar bahwa hari Jumat tanggal 13 atau Friday 13th adalah hari sial sejak anak-anak, dan beberapa dari kita membawa takhayul tersebut hingga dewasa. Tapi apa yang diributkan pada Friday the 13th dan apakah takhayul itu didasarkan pada kebenaran?

Friday the 13th.

Friday the 13th.

Photo :
  • YouTube

Mengapa 13th Friday disebut hari sial?
Dilansir Liverpoolecho, Banyak orang percaya bahwa angka 13 mendapat reputasi buruk selama zaman Alkitab, khususnya dalam kaitannya dengan Perjamuan Terakhir. Di mana Perjamuan terakhir Yesus sebelum penyaliban dihadiri oleh 13 orang, Yesus dan 12 murid-Nya.

Sebagai murid terakhir dan pengkhianat utama Yesus, angka 13 menjadi rekan Yudas Iskariot dan dengan demikian dipandang sebagai peringatan akan hal-hal buruk yang akan datang.

Sejarah Friday 13th
Pada hari Jumat tanggal 13 tahun 1307, Raja Prancis Phillip IV menangkap ratusan Ksatria Templar Katolik dan menetapkan hari dan tanggal itu sebagai pertanda buruk.

Halaman Selanjutnya
img_title