Kenapa Imlek Berkaitan dengan Hujan dan Hoki?

Penjual pernak-pernik Imlek di Glodok
Penjual pernak-pernik Imlek di Glodok
Sumber :
  • VIVA/Anisa Aulia

VIVA Lifestyle – Minggu 22 Januari, merupakan hari yang spesial bagi warga dan keturunan etnis Tionghoa. Hari ini diketahui merupakan tahun baru China atau disebut Imlek. Pada perayaan Imlek ini selalu diidentikkan dengan warna merah, angpao, kue keranjang, hingga jeruk.

Tak hanya itu saja, berbicara Imlek juga identik dengan hujan. Beberapa orang tidak sedikit yang bertanya mengapa Imlek selalu identik dengan hujan. Scroll selanjutnya ya.

Jika berbicara mengenai Imlek, perayaan Tahun Baru ini diketahui jatuh pada bulan antara Januari dan Februari. Pada bulan-bulan ini di Indonesia diketahui merupakan puncak musim penghujan.

Pernak pernik Imlek

Pernak pernik Imlek

Photo :
  • VIVA/ Sherly/ Tangerang

Namun, menurut kepercayaan masyarakat Tiongkok, hujan yang turun di tahun baru sendiri dipercaya dapat memberikan hoki alias keberuntungan. Melansir laman ABC, Wakil Presiden Cairns dan Asosiasi China Distrik Nathan Lee Long mengatakan hujan lebat yang turun di tahun baru adalah tanda kemakmuran di tahun mendatang.

Dijelaskannya, air yang mengalir atau hujan adalah simbol keberuntungan di China dan kita paling sering melihatnya di tempat-tempat di mana takhayul cukup lazim, air mengalir, air mancur, air terjun, jadi hujan menjelang Tahun Baru Imlek juga merupakan tanda semoga berhasil, katanya.

Hujan

Hujan

Photo :
  • pixabay
Halaman Selanjutnya
img_title