6 Penyebab Vagina Gatal, Perubahan Hormon Hingga Kutu Kemaluan

ilustrasi organ intim/vagina.
ilustrasi organ intim/vagina.
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA Lifestyle – Kesehatan reproduksi dan seksual wanita seringkali tidak terlalu dalam didiskusikan. Namun, ada beberapa masalah kesehatan yang berkaitan dengan hal itu mulai dari infeksi hingga penyakit kronik. Salah satunya adalah gatal di vagina atau vulva.

Tidak ada alasan di balik kenapa alat genital wanita gatal. Itu bisa disebabkan oleh banyak infeksi atau perubahan di tubuh. Cari tahu lebih lanjut di bawah ini.

Ilustrasi vagina

Ilustrasi vagina

Photo :
  • Times of India

1. Vaginosis bakterial

Dikutip dari laman Times of India, saat keseimbangan alami vagina terganggu, hal ini memicu vaginosis bakterial. Dikarakterisasikan dengan peradangan vagina yang disebabkan oleh perkembangan berlebih bakteri yang secara alami ditemukan di vagina, demikian dijelaskan Mayo Clinic. Meski tidak ada penyebab pasti vaginosis bakterial, aktivitas tertentu seperti hubungan seks tidak terlindungi atau sering melakukan douching, bisa meningkatkan risiko wanita mengalami infeksi.

2. Infeksi jamur

Infeksi jamur disebabkan oleh candidiasis vagina. Ini memicu pada gejala seperti iritasi dan gatal yang intens dari vagina dan vulva. Meski infeksi jamur bukan infeksi menular seksual, risikonya bisa meningkat karena aktivitas seksual yang sering.

Halaman Selanjutnya
img_title