Pemeriksaan X-ray Bandara Bahayakan Ibu Hamil dan Calon Bayi? Ini Kata Dokter

Ilustrasi hamil/ibu hamil.
Ilustrasi hamil/ibu hamil.
Sumber :
  • Freepik/user18526052

VIVA Lifesyle – Hamil bukan menjadi halangan bagi calon ibu untuk berlibur. Beberapa alasan yang membuat mereka begitu antusias berlibur mulai dari untuk melepas penat hingga menikmati waktu berdua dengan suami sebelum sibuk mengurus dan merawat buah hati.

Berbicara mengenai liburan, terutama menggunakan mode pesawat terbang, setiap penumpang termasuk ibu hamil akan melalui tahap Security Check Point di bandara. Pada tahap itu para penumpang termasuk ibu hamil kamu akan melewati alat pendeteksi logam yang dikenal dengan nama Walk Through Metal Detector (WTMD).

Namun tidak sedikit dari ibu hamil yang khawatir jika melalui alat tersebut dapat mempengaruhi kondisi janin di dalam kandungannya. Bahkan tidak sedikit adanya anggapan sinar x-ray tersebut bisa menyebabkan bayi terlahir cacat.

Ilustrasi bandara.

Ilustrasi bandara.

Photo :
  • U-Report

Benarkah demikian? Menurut Spesialis Kebidanan dan Kandungan, dr. Cherysa Rifiranda, Sp.O.G, x-ray tidak berbahaya untuk ibu hamil dan janinnya.

Scanner detektor logam biasanya menggunakan medan elektromagnetik frekuensi rendah untuk memindah benda logam. Apa pun yang menghasilkan atau menggunakan listrik, seperti saluran listrik dan peralatan rumah tangga akan menghasilkan medan ekektromagnetik ini.

Pada tingkat rendah detektor logam, paparan ini dianggap aman untuk semua orang, termasuk ibu hamil.

Halaman Selanjutnya
img_title