Tips Tangani Anak Sakit di Tengah Momen Liburan

Ilustrasi anak main pasir
Ilustrasi anak main pasir
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Lifestyle – Suasana libur Tahun Baru 2023 sudah begitu terasa saat ini. Setelah dua tahun lamanya tak bisa melakukan perjalanan ke sejumlah daerah atau luar negeri akibat pembatasan perjalanan seiring dengan kasus COVID-19 yang meningkat, akhirnya di tahun ini masyarakat mulai bisa menikmati libur akhir tahun mereka.

Meski begitu, orang tua khususnya yang masih memiliki anak di bawah umur tetap harus memperhatikan sejumlah aspek-aspek penting agar liburan keluarga tetap aman dan nyaman. Salah satu yang perlu diperhatikan ketika ingin berlibur adalah mempersiapkan obat-obatan.

"Selalu menyiapkan termometer, obat demam, serta obat-obatan lain yang biasa dikonsumsi anak bila mereka rutin mengonsumsi obat tertentu," kata Spesialis Anak dari Bamed, Rista Harwita Putri, Sp.A dalam virtual conference, Kamis 15 Desember 2022.

Ilustrasi liburan.

Ilustrasi liburan.

Photo :
  • U-Report

Bukan tanpa sebab, beberapa penyakit juga sering menyerang anak-anak pra dan pasca berlibur. Mulai dari demam, batuk, pilek hingga diare. Diungkap Rista, jika bila telah timbul gejala seperti demam, batuk, pilek, diare, muntah saat liburan maka orang tua dapat memberikan pertolongan pertama.

Bila anak demam, segera ukur suhu badan anak, berikan obat penurun panas sesuai dengan usia dan berat badan anak, kompres hangat badan anak, pakai pakaian tipis dan nyaman serta pastikan anak mau minum air putih yang banyak.

Bila anak batuk dan pilek, pastikan tidak ada kondisi gawat seperti napas sesak, bibir pucat, serta tarikan dinding dada. Anak yang sedang batuk pilek tidak boleh beraktivitas di tempat yang ramai dan butuh istirahat yang cukup.

Halaman Selanjutnya
img_title