5 Hal yang Harus Dilakukan Penderita Diabetes untuk Merawat Mata 

Gejala gula darah tinggi
Gejala gula darah tinggi
Sumber :
  • Eat This

VIVA Lifestyle – Jika Anda atau orang yang  dicintai menderita diabetes, Anda mungkin menyadari betapa pentingnya menjaga kadar gula darah dalam kisaran yang ditentukan. Mata bisa sangat terpengaruh oleh diabetes, yang dapat menyebabkan gangguan penglihatan dan atau kebutaan.

 Ini karena gula darah tinggi dapat merusak kapiler di jaringan mata yang paling halus, yang mengkomunikasikan https://www.viva.co.id//gaya-hidup/kesehatan-intim/1556979-5-hal-yang-harus-dilakukan-penderita-diabetes-untuk-merawat-mata-nbsp ke otak untuk menghasilkan penglihatan yang jernih. Kerusakan retina akibat darah tinggi ini dapat menyebabkan hilangnya penglihatan secara permanen. 

Namun, ada harapan. Seseorang dapat menghindari kerusakan mata besar dengan memantau dan mengatur kadar gula darah sesuai rekomendasi dokter mereka. Lima tindakan berikut dapat membantu menjaga penglihatan selama diabetes, dilansir dari Times of India.

1. ?Memahami angka

Ketika kadar gula darah naik, pembuluh darah halus yang memberi nutrisi pada area mata yang paling halus seringkali menjadi yang pertama mengalami kerusakan. Gula darah tinggi secara khusus merusak retina. 

Jaringan tipis yang membentuk sekitar 65 persen bagian belakang mata disebut retina. Banyak sel peka cahaya berada di sana, memungkinkan mata untuk mengkomunikasikan https://www.viva.co.id//gaya-hidup/kesehatan-intim/1556979-5-hal-yang-harus-dilakukan-penderita-diabetes-untuk-merawat-mata-nbsp visual ke otak melalui saraf optik. 

Pembuluh darah yang memasok retina rusak saat kadar gula darah naik. Pengaburan penglihatan dapat terjadi akibat hal ini, baik untuk sementara atau secara permanen.

Halaman Selanjutnya
img_title