Atur Hormon Seks, Ternyata Kesehatan Usus Memengaruhi Gairah Seksual

Ilustrasi gairah seksual/bercinta.
Ilustrasi gairah seksual/bercinta.
Sumber :
  • Stocksnap

VIVA Lifestyle – Usus Anda melakukan lebih dari sekadar pencernaan, penyerapan, dan ekskresi makanan, menjadikannya salah satu pahlawan keajaiban yang kurang dihargai yaitu tubuh manusia. 

Sistem kekebalan Anda berfungsi dengan baik, keadaan mental dan emosional Anda, serta sintesis dan ekskresi hormon semuanya dikendalikan oleh usus. Dan itu memengaruhi kesehatan seksual dan kemampuan Anda untuk hamil.  Scroll untuk simak artikel selengkapnya.

Sebagian besar bakteri yang berada di sistem pencernaan, terutama usus besar, membentuk mikrobioma usus Anda. Bakteri usus mengandung 100 triliun triliun sel bakteri: jauh lebih banyak dari gabungan seluruh sel tubuh Anda! 

Meskipun ada juga bakteri jahat yang menyebabkan sakit dan penyakit, ada berbagai bakteri baik yang bekerja untuk mencerna dan menyerap makanan kita, mengirimkan neurotransmiter ke otak kita, melawan peradangan, dan memperkuat kekebalan tubuh. 

Jika Anda memiliki gejala pencernaan yang terlihat (gas, kembung, sembelit, diare, dll.) atau siklus menstruasi yang tidak konsisten, Anda mungkin harus memeriksa kesehatan mikrobioma Anda.

?Bagaimana kesehatan usus memengaruhi kesehatan seksual Anda?

Aswati Nair, Konsultan Kesuburan, Kesuburan Nova IVF, Delhi mengatakan kesehatan usus sangat penting bagi Anda karena bertanggung jawab atas pengaturan hormon seks, estrogen

Halaman Selanjutnya
img_title