Berat Badan Susah Turun Meski Sudah Diet? Mungkin Kamu Kurang Lakukan Ini

Mengukur berat badan dengan lingkar pinggang
Mengukur berat badan dengan lingkar pinggang
Sumber :
  • Eat This

VIVA Lifestyle – Mungkin kamu merasa telah melakukan semua hal yang benar dalam program dietmu seperti menjaga kualitas tidur, makan sehat dan menghindari ngemil serta menemukan cara untuk bergerak setiap hari. Namun, berat badan di timbangan tak kunjung menurun. 

Perjalanan penurunan berat badan lebih dari sekadar diet dan olahraga, meskipun keduanya membantu. Melansir dari Women’sHealth, pakar obesitas Matthew Weiner, MD, direktur operasi bariatrik dan direktur medis telemedicine di Tucson Medical Center mengatakan bahwa itu juga tergantung pada usia, jenis kelamin dan berat awal. 

Jika berat badan kamu benar-benar stuck dan tidak ada yang berubah, satu (atau lebih) alasan berikut mungkin menjelaskan mengapa perjalanan penurunan berat badan kamu tidak berubah. 

1. Makan sedikit, tapi masih makan makanan yang tidak sehat

Ilustrasi makan/burger/junk food.

Ilustrasi makan/burger/junk food.

Photo :
  • Freepik/freepik

Jika kamu mengonsumsi lebih sedikit kalori daripada yang kamu keluarkan, sangat mungkin untuk menurunkan sekitar 10 persen dari total berat badan melalui diet saja. Tetapi jika kamu ingin menurunkan lebih banyak, kamu tidak bisa terus memotong kalori. Kamu harus mengubah jenis makanan yang kamu makan.

Bahkan jika kamu mengalami defisit kalori, kamu harus memperhatikan jenis kalori yang dikonsumsi. Kamu harus makan makanan yang banyak nutrisi. 

Halaman Selanjutnya
img_title