Wanita Ini Didiagnosis Kanker, Usai Dokter Temukan Rambut Halus di 3 Bagian Tubuh Ini

Ilustrasi dagu wanita.
Ilustrasi dagu wanita.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Lifestyle – Sebagian besar wanita memiliki rambut yang terlihat samar di sekitar kumis dan dagu. Sementara beberapa wanita lainnya, rambut-rambut tersebut bisa tumbuh berlebihan. Kondisi tersebut cenderung mencerminkan deregulasi hormon spesifik jenis kelamin. 

Tapi hati-hati, beberapa kasus menunjukkan pola spesifik di mana pertumbuhan rambut bisa menjadi gejala kanker. Meskipun seringkali tidak berbahaya, namun penyebab lain yang lebih mengancam jiwa tidak boleh diabaikan. Scroll untuk https://www.viva.co.id//gaya-hidup/kesehatan-intim/1559427-wanita-ini-didiagnosis-kanker-usai-dokter-temukan-rambut-halus-di-3-bagian-tubuh-ini selengkapnya.

Pada 2016 lalu, Journal of Clinical Oncology melaporkan kasus seorang wanita berusia 62 tahun yang mengidap berbagai jenis kanker, mengalami pertumbuhan rambut yang sangat lebat di wajah, lengan, dan punggung. 

Laporan tersebut menyatakan, pertumbuhan rambut terdiri dari rambut berukuran 2 cm, putih, tipis, halus, yang menonjol di wajah, lengan dan punggung, di mana semua gejala sesuai dengan pertumbuhan rambut lanugo. Pemeriksaan lebih lanjut kemudian mengungkap, pasien memiliki tumor yang bermetastasis di ovarium kiri dan usus besarnya.

Ilustrasi sel kanker.

Ilustrasi sel kanker.

Photo :
  • Freepik

Laporan kasus serupa di jurnal BMJ menunjukkan kasus seorang pria berusia 58 tahun yang mengalami hirsutisme ringan di dagu. Pasien telah mengalami kerontokan rambut ringan 12 bulan sebelumnya. Namun, gejalanya berkembang pesat dalam 4 bulan menjelang pemeriksaan klinisnya. Hirsutisme sendiri merupakan kondisi umum yang disebabkan terutama oleh sekresi androgen berlebih, baik dari ovarium atau kelenjar adrenal. 

"Bentuk ketidakseimbangan hormon yang dapat menyebabkan hirsutisme adalah kelainan kelenjar adrenal tertentu. Ini mungkin termasuk kanker adrenal, tumor adrenal (dan) penyakit Cushing," kata Dokter Liakas, Direktur Medis di Vie Aesthetics, dikutip Express, Selasa 17 Desember 2022. 

Halaman Selanjutnya
img_title