Dokter Larang Minum Susu Sebelum Tidur, Ternyata Ini Dampak Buruknya

Ilustrasi susu.
Ilustrasi susu.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA Lifestyle – Susu merupakan salah satu sumber protein terpenting dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun, minuman ini telah menjadi perdebatan dalam beberapa dekade terakhir. 

Dr Palaniappan Manickam, ahli gastroenterologi yang berbasis di California, dalam unggahannya di Instagram, mengungkap alasan mengapa seseorang tidak boleh minum susu sebelum tidur. Scroll untuk mengetahui alasannya.

Dalam video pendek yang diunggah, dia mengatakan, orang yang berusia di atas 30 tahun, tidak dapat mentolerir susu karena kekurangan enzim laktase. 

"Ada enzim yang disebut enzim laktase di usus kecil yang memecah laktosa dalam susu menjadi molekul yang lebih kecil seperti glukosa dan galaktosa serta mudah diserap," kata dia dalam video yang diunggah, dilansir India Today, Selasa 27 Desember 2022. 

Ilustrasi susu.

Ilustrasi susu.

Photo :
  • Freepik

Dr Palaniappan Manickam lebih lanjut menjelaskan, bayi memiliki enzim laktase dalam tubuh yang membantu mereka mencerna susu dengan sangat mudah. Namun, mulai usia di atas 5 tahun, produksi laktase dalam tubuh terus menurun. 

Sekitar usia 30 tahun, produksi laktase bahkan nol. Tanpa enzim laktase, susu langsung mencapai usus besar dan bakteri yang ada dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Ia berpesan, seseorang tidak boleh minum susu sebelum tidur malam, karena masih bisa menyebabkan masalah pada pencernaan. 

Halaman Selanjutnya
img_title