BPOM Nyatakan Obat Sirup Dexa Bebas EG-DEG, Ini Daftarnya

Ilustrasi obat sirup/obat batuk.
Ilustrasi obat sirup/obat batuk.
Sumber :
  • Pexels/Cottonbro

VIVA Lifestyle – Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) menyatakan produk-produk obat sirup Dexa Group aman dari cemaran Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG). 

President Director PT. Dexa Medica, V. Hery Sutanto, mengatakan, Badan POM memiliki standar pengawasan yang tinggi. Untuk mendapatkan status rilis terkait batas aman cemaran EG/DEG dari BPOM bukanlah pekerjaan yang mudah. Scroll untuk info selengkapnya.

"Dexa Group sudah melakukan pengujian secara mandiri terhadap produk-produk sirup, dan hasil uji mandiri tersebut juga sudah diverifikasi oleh BPOM. Serta menunjukkan hasil bahwa produk-produk obat sirup yang diproduksi oleh Dexa Group sudah memenuhi standar yang dipersyaratkan oleh BPOM dan dinyatakan aman," ujarnya di Jakarta, Selasa 27 Desember 2022.

Lebih lanjut, Hery menjelaskan, perusahaan farmasi diminta untuk melakukan pengujian dan pembuktian sistem jaminan mutu. Kemudian, BPOM melakukan verifikasi terhadap hasil pengujian bahan baku, produk jadi sirup atau cairan obat dalam, serta https://www.viva.co.id//gaya-hidup/kesehatan-intim/1560014-bpom-nyatakan-obat-sirup-dexa-bebas-eg-deg-ini-daftarnya terkait lainnya yang diperlukan untuk pemastian pemenuhan standar, mutu, keamanan dan khasiat obat tradisional atau suplemen kesehatan secara konsisten oleh pelaku usaha. 

"Verifikasi dilakukan berdasarkan pemenuhan beberapa kriteria, antara lain kualifikasi pemasok, pengujian bahan baku, serta metode pengujian yang mengikuti standar Farmakope terkini. BPOM menerapkan persyaratan ketat untuk menetapkan produk obat sirup agar aman digunakan," tuturnya. 

"Tentunya ketersediaan obat sirup di pasaran menjadi terbatas dan sedikit pilihannya. Seluruh produk obat sirup Dexa Group telah dinyatakan lulus verifikasi oleh BPOM dan dinyatakan aman dari cemaran EG/DEG sejak Oktober 2022," sambungnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title