Rupanya Wanita Lebih Peka Deteksi Perasaan Orang Lain daripada Pria

ilustrasi berempati
ilustrasi berempati
Sumber :
  • pressfoto/freepik

VIVA Lifestyle – Sebuah penelitian membuktikan bahwa wanita lebih baik daripada pria dalam menempatkan diri di posisi orang lain dengan membayangkan apa yang mereka pikirkan atau rasakan. 

Studi ini menyatakan wanita benar-benar tampak lebih baik dalam mendeteksi perasaan orang lain. Dilansir dari Daily Mail, studi tersebut mengamati lebih dari 300.000 orang di 57 negara yang masing-masing diperlihatkan 36 foto mata sebagai bagian dari tes ‘Membaca Pikiran di Mata’.

Partisipan diminta memilih emosi yang benar-benar dirasakan oleh orang dalam foto mata tersebut dari daftar empat emosi termasuk teror dan kebingungan, malu, gugup, gelisah, serta puas.

Ilustrasi berempati terhadap teman.

Ilustrasi berempati terhadap teman.

Photo :
  • U-Report

Di sebagian besar negara, rata-rata skor wanita lebih tinggi dibandingkan pria dalam mendeteksi emosi dengan benar. 

Dr. David Greenberg selaku pemimpin penelitian yang diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences mengatakan, “Hasil kami menunjukkan beberapa bukti pertama fenomena terkenal, wanita rata-rata lebih berempati daripada pria di berbagai negara.”

Studi ini adalah yang terbesar untuk mengetahui teori pikiran seseorang — berarti empati kognitif atau kemampuan untuk menempatkan diri pada posisi orang lain dan membayangkan apa yang mereka pikirkan atau rasakan.

Halaman Selanjutnya
img_title