Pakar Ungkap Gejala Khas Omicron BF.7, Pemicu Badai COVID-19 di China

Ilustrasi COVID-19/Virus Corona.
Ilustrasi COVID-19/Virus Corona.
Sumber :
  • pexels/Edward Jenner

VIVA Lifestyle – Lonjakan kasus COVID-19 yang terjadi mendadak di China bak badai yang kembali datang usai minimnya kasus di Negeri Tirai Bambu itu. Salah satu varian yang mendominasi dan memicu lonjakan hingga keparahan gejala adalah BF.7. Apa saja fakta mengenai varian ini?

Sesuai data oleh Scripps Research Institute yang berbasis di California, bahkan sebelum lonjakan COVID-19 saat ini di China, varian dengan susunan genetik serupa, seperti telah terlihat BF.7 di negara lain pada Februari 2021. BF.7 adalah a cabang dari sub-varian BA.5 dari Omicron

Dr Suhas HS, Konsultan-pulmonolog, Rumah Sakit Manipal Sarjapur, berbagi berbagai fakta tentang Omicron Subvariant BF.7. Berikut faktanya dikutip laman The Health Site.

Ilustrasi COVID-19/virus corona

Ilustrasi COVID-19/virus corona

Photo :
  • Freepik

Penularan Tinggi

Varian ini memiliki kemampuan menghilangkan diri dari sistem imun manusia sehingga lebih kebal, masa inkubasi yang lebih pendek, dan tingkat penularan yang lebih cepat daripada varian lainnya. 

Tingkat transmisinya tiga kali lebih tinggi dari varian omikron standar. Satu orang yang telah terinfeksi diketahui menulari ke 18 orang lainnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title