Waspada, Media Sosial Picu Anak-anak Benci Tubuhnya Sendiri

Ilustrasi Bullying
Ilustrasi Bullying
Sumber :
  • Freepik

VIVA Lifestyle – Sebuah studi menemukan bahwa media sosial merupakan risiko yang signifikan terhadap kesehatan generasi muda saat ini dan masa depan. 

Dilansir dari The Guardian, tiga dari empat anak berusia 12 tahun tidak menyukai tubuh mereka dan merasa malu dengan penampilannya. Angka tersebut meningkat menjadi delapan dari 10 anak muda berusia 18 hingga 21 tahun. 

Sedihnya, sejumlah anak dan remaja menjadi penyendiri, mulai berolahraga secara berlebihan, berhenti bersosialisasi sama sekali, bahkan menyakiti diri sendiri karena sering diintimidasi atau diejek secara online tentang penampilan fisik.

Ilustrasi anak kecanduan media sosial.

Ilustrasi anak kecanduan media sosial.

Photo :
  • U-Report

Empat dari 10 anak mengatakan mereka mengalami tekanan mental dengan satu dari lima mengalami masalah citra tubuh dan 14 persen menjadi kesulitan makan. Dari mereka yang membutuhkan dukungan, hanya satu dari 10 anak muda menerima pengobatan.

Temuan tersebut berasal dari survei terhadap 1.024 anak dan remaja berusia 12 sampai 21 tahun oleh stem4, badan amal kesehatan mental remaja. 

“Kita perlu meningkatkan pemahaman tentang potensi dampak dari konten media sosial dan penguatan yang dibuat melalui algoritma pada keterlibatan anak muda dengan aplikasi dan konsekuensi kesehatan mentalnya,” kata Dr. Nihara Krause, konsultan psikolog klinis, CEO, dan pendiri stem4.

Halaman Selanjutnya
img_title