5 Gejala Awal Batu Ginjal yang Tidak Boleh Diabaikan

Ilustrasi penyakit batu ginjal.
Ilustrasi penyakit batu ginjal.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Batu ginjal adalah massa padat yang terdiri dari kristal kecil di ginjal atau saluran kemih Anda. Batu ginjal terutama disebabkan ketika mineral terlarut menumpuk di dalam ginjal. 

Mereka dapat berpindah ke saluran kemih dan di situlah mereka dapat menyebabkan masalah. Batu cukup umum dan cenderung diturunkan dalam keluarga. Scroll untuk simak artikel selengkapnya.

Dr Praveen Pushkar, MBBS, MS(Bedah), DNB(Urologi) di Pristyn Care mengatakan, beberapa faktor yang berkontribusi pada perkembangannya mungkin juga termasuk konsumsi cairan yang rendah, asupan makanan, dan riwayat kesehatan seseorang. 

"Batu ginjal mungkin kecil dan tidak terlihat melalui saluran kemih, tetapi beberapa tumbuh seukuran bola golf. Mereka bisa terbentuk dalam beberapa minggu atau bulan ketika urin Anda mengandung terlalu banyak zat tertentu. Ada beberapa macam batu ginjal. Batu kalsium sejauh ini merupakan jenis yang paling umum. Batu yang lebih besar dapat menyebabkan rasa sakit yang parah saat keluar dari tubuh," kata dia dilansir dari Times of India.

Tanda-tanda awal batu ginjal

Vikas Chawla, ahli Ayurveda di Vedas Cure mengungkapkan tanda-tanda berikut yang dapat menandakan batu ginjal:

1. Nyeri di perut bagian bawah, satu sisi atau punggung – nyeri yang tiba-tiba di perut bagian bawah atau satu sisi tubuh bagian atas atau di sekitar punggung bisa menjadi salah satu gejala awal batu ginjal.

Halaman Selanjutnya
img_title