Muncul Varian COVID-19 Kraken XBB.1.5, WHO Sebut Paling Menular

Ilustrasi COVID-19/virus corona
Ilustrasi COVID-19/virus corona
Sumber :
  • Freepik

VIVA Lifestyle – Varian baru COVID-19 kembali ditemukan dengan sebutan 'Kraken', yang menurut para ahli memiliki kemampuan menghindari imunitas di tubuh. Varian Omicron baru ini juga dikenal dengan nama XBB.1.5 yang paling menular sejauh ini.

Dikutip laman Fortune, XBB.1.5 telah dengan cepat menggantikan varian lain di beberapa negara Eropa dan di timur laut AS. Menurut WHO, itu menjadi salah satu keunggulan penularan varian XBB.1.5.

Para ahli juga menyebut strain Omicron baru XBB.1.5, dijuluki Kraken di Twitterverse, karena potensinya menyebabkan gelombang COVID besar berikutnya, lantaran sifat "escape strain" atau menghindari imunitas dan penularannya yang sangat tinggi.

"Kelompok penasihat teknis Organisasi Kesehatan Dunia tentang evolusi virus sedang mengerjakan penilaian risiko pada varian tersebut, yang paling menular," kata ujar kepala teknis untuk tanggapan COVID-19 di Organisasi Kesehatan Dunia, Maria Van Kerkhove.

Organisasinya juga telah meminta Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS untuk melaporkan risiko varian baru tersebut.

Bukan tanpa alasan, XBB.1.5 dinilai sangat menular di di beberapa negara Eropa dan di timur laut AS.

"Karena XBB.1.5 telah dengan cepat menggantikan varian lain," kata Van Kerkhove.

Halaman Selanjutnya
img_title