Khofifah Ingatkan Bahaya Kandungan Nitrogen Cair di Jajanan Ciki Ngebul

Ice smoke
Ice smoke
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Lifestyle – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengingatkan bahaya makanan dan minuman yang mengandung nitrogen seperti es asap yang dikenal luas dengan sebutan ice smoke atau ciki ngebul (cikibul) untuk kesehatan. Ia mengingatkan itu, karena jajanan tersebut digemari di kalangan anak-anak.

Khofifah menyampaikan hal tersebut setelah terbitnya Surat Edaran (SE) Nomor KL.02.02/C/90/2023 tentang Pengawasan Terhadap Penggunaan Nitrogen Cair pada Produk Pangan Siap Saji. SE tersebut ditandatangani oleh Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kementerian Kesehatan Maxi Rein Rondonuwu pada 6 Januari 2023 lalu. Scroll untuk https://www.viva.co.id//gaya-hidup/kesehatan-intim/1565284-khofifah-ingatkan-bahaya-kandungan-nitrogen-cair-di-jajanan-ciki-ngebul selengkapnya.

Kata Khofifah, SE bersifat imbauan tersebut diterbitkan untuk mencegah kasus keracunan pangan yang lebih parah akibat mengonsumsi penganan mengandung nitrogen cair yang berlebihan.

Ice smoke

Ice smoke

Photo :
  • pixabay

"Penggunaan dan penambahan nitrogen cair sangat berbahaya apabila dikonsumsi apalagi untuk efek jangka panjang. Tentunya ini akan berakibat menjadi masalah kesehatan yang fatal," kata Khofifah dalam keterangannya, Jumat, 13 Januari 2023.

Untuk itu, Khofifah menginstruksikan kepada Kepala Dinas Kesehatan Jawa Timur untuk berkoordinasi dengan seluruh Kepala Dinas Kesehatan kabupaten/kota serta BPOM daerah, agar melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap produk pangan siap saji yang menggunakan nitrogen cair yang beredar di masyarakat.

Pembinaan dan pengawasan tersebut berupa pemberian edukasi kepada masyarakat, sekolah dan anak-anak akan bahaya konsumsi cikibul.

Halaman Selanjutnya
img_title