Cuma 5 Menit, Resep Camilan Sehat Segar Cegah Diabetes

Overnight oat
Overnight oat
Sumber :
  • downshiftology.com

VIVA LifestyleDiabetes menjadi salah satu jenis penyakit tidak menular yang rentan mengintai masyarakat dunia dengan komplikasi yang berbahaya. Penyebab utama dari diabetes sendiri cenderung bermula dari gaya hidup yang buruk, termasuk pola makan yang tinggi gula, garam, dan lemak.

Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr. Verawati Sudarma SpGK, mengatakan bahwa camilan atau makanan ringan bisa menjadi sangat membingungkan. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Sebab, camilan yang seharusnya sebagai pelengkap dan penambah kebutuhan kalori dalam sehari, nantinya bisa berlebihan jika salah mengonsumsi camilan tepat.

"Snack tidak tepat itu artinya apabila konsumsi terlalu banyak dalam hal frekuensi lebih dari 2-3 kali. Jumlah kalori per porsi berlebihan, maka jumlah kalori total bisa berlebihan dan bisa obesitas. Contoh dalam 1 porsi roti isi, kandungan lebih dari 300 kalori," ungkap dokter Vera dalam program acara Hidup Sehat tvOne, belum lama ini.

Dokter Vera sendiri memiliki trik untuk membantu memenuhi asupan makanan ringan tanpa melebihi batasan kalori. Salah satunya dengan memilih bahan yang rendah kalori dan tingggi serat dengan rasa yang nikmat di lidah.

Nah, menu makanan ringan camilan sehat pertama yang dapat dengan mudah dicoba di rumah adalah overnight oat. Bahannya mudah, cukup siapkan susu plain atau rendah lemak dan tuang dalam semangkuk gandum.

Dokter Vera menganjurkan agar memilih gandum tepat dengan jeli membaca bahan yang terkandung, khususnya kadar gula atau pemanis buatan.

Halaman Selanjutnya
img_title