Menkes: USG Ibu Hamil Cegah Risiko Komplikasi Persalinan Hingga Kematian Janin

Ilustrasi hamil/ibu hamil/USG.
Ilustrasi hamil/ibu hamil/USG.
Sumber :
  • Freepik/tirachardz

VIVA Lifestyle – Indonesia masih dibayang-bayangi kerentanan kondisi yang mengancam nyawa para ibu dan bayinya. Hingga saat ini, Angka Kematian Ibu (AKI) masih di kisaran 305 per 100.000 Kelahiran Hidup (KH).

Demikian juga bayi dan balita yang masih harus kita selamatkan dari bahaya kematian. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Angka tersebut belum mencapai target yang ditentukan yaitu 183 per 100.000 KH di tahun 2024. Padahal, salah satu agenda utama SDGs adalah menurunkan angka kematian ibu dan kematian Balita.

USG

USG

Photo :
  • www.bunda.co.id

Cegah Kematian Ibu Melalui ANC

Target kematian Ibu dan anak dilakukan melalui intervensi spesifik yang dilakukan saat dan sebelum kelahiran. Pemeriksaan antenatal yang berkualitas dan teratur selama kehamilan akan menentukan status kesehatan ibu hamil dan bayi yang dilahirkan.

Menteri Kesehatan Budi G. Sadikin mengatakan dalam 6 kali pemeriksaan ibu hamil tersebut, dua kali di antaranya harus diperiksa oleh dokter dan di USG.

Untuk itu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menetapkan pemeriksaan ibu hamil atau antenatal care (ANC) dilakukan minimal sebanyak 6 kali selama 9 bulan sebagai bentuk komitmen untuk penyediaan layanan esensial bagi Ibu hamil.

Ilustrasi cara kerja USG.

Ilustrasi cara kerja USG.

Photo :
  • U-Report
Halaman Selanjutnya
img_title