Ngeri, Nitrogen Cair di Ciki Ngebul Bisa Bikin Lambung Bocor Hingga Picu Ledakan

Jajanan es ciki ngebul.
Jajanan es ciki ngebul.
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube

VIVA Lifestyle – Banyak makanan ringan atau kudapan anak-anak yang paling sering ditawarkan cenderung memiliki nilai gizi yang lebih rendah dan yang terpenting juga memengaruhi kesehatan pencernaan si kecil. Bahkan kini, kudapan yang dijajakan cenderung membahayakan karena dapat merusak lambung anak, seperti pada kasus jajanan ice smoke atau ciki ngebul (cikibul).

Ketua Unit Kerja Koordinasi (UKK) Gastro-Hepatologi IDAI, Dr dr Muzal Kadim, SpA(K) dalam Media Briefing virtual bersama Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia (PP IDAI) mengenai Jajanan Anak dan Kesehatan Pencernaan, menyoroti kasus nitrogen cair yang menyasar anak-anak. Menurut dokter Muzal, cikibul dengan nitrogen cair tersebut harus dijajakan dengan pengawasan ahli.

Ciki ngebul.

Ciki ngebul.

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube

"Ciki ngebul sebenarnya (berasal dari) nitrogen cair. Selama dikelola dengan baik, relatif masih diperbolehkan. Sedikit jumlahnya dan dipakai dengan pengawasan. Tidak boleh sembarangan dipakai nitrogen cair untuk menyajikan dan mengolah makanan," kata Muzal, Selasa 17 Januari 2023.

Muzal mengatakan bahwa pada umumnya nitrogen dapat dengan mudah dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Faktanya, 70 persen udara yang dihirup berasal dari nitrogen. Tak heran, nitrogen sendiri kerap dipakai untuk dimanfaatkan dalam mengawetkan makanan.

"Mengawetkan makanan itu (seperti pendingin suhu). Si tempat tertentu seperti hotel, resto ada orang yang mengerti cara penanganan nitrogen cair. (Jika asal) Yang mengelola terlalu lama juga bisa terluka (karena dingin). Penyimpanannya juga tidak bisa di ruang sembarangan karena bisa meledak," tambahnya.

Ilustrasi anak sakit.

Ilustrasi anak sakit.

Photo :
  • Freepik
Halaman Selanjutnya
img_title