Kedai Ini Sajikan Aneka Kopi Terbaik Indonesia, Jokowi Aja Sampai Kepincut

Presiden Joko Widodo cicipi kopi Nusantara.
Presiden Joko Widodo cicipi kopi Nusantara.
Sumber :
  • Strada Coffee.

VIVA Kuliner – Semua kopi yang berada di Indonesia sangat diminati oleh konsumen mancanegara. Berkat letak geografis yang beragam menjadikan bumi Nusantara memiliki banyak ragam pilihan kopi dengan cita rasa berbeda. 

Hal inilah yang mendorong Evani Jesslyn sebagai pemilik Strada Coffee melakukan kurasi kopi terbaik di Nusantara dan mendirikan Coffee Academy, agar para barista hingga para petani kopi di Tanah Air dapat mengolah untuk menghadirkan kopi yang tak kalah dengan rasa dan kualitas kopi impor. Yuk, scroll untuk info selengkapnya.

Ketertarikan Evani Jesslyn terhadap kopi membawa dirinya untuk lebih dalam memahami dengan belajar tentang kopi di berbagai negara, bagaimana cara membudidayakan hingga mengolahnya. Talenta dan pemahaman Evani terhadap kopi menjadikan dirinya sebagai Juara Pertama Cupping di kompetisi Barista Farmer di Brasil tahun 2016. Pada saat itu, Evani menjadi satu-satunya perwakilan dari Asia, untuk bersaing dengan 9 juara barista lainnya dari seluruh dunia.

“Banyak kopi terbaik di Indonesia diekspor, dan hal ini tak banyak diketahui oleh masyarakat yang gemar meminum kopi. Sehingga penting bagi Strada Coffee mengumpulkan kopi terbaik tersebut disajikan lokal. Kami juga memberikan pelatihan kepada para petani sampai ke para barista agar kopi yang dinikmati sesuai dengan keinginan dan ekspektasi konsumen,” ujar Evani Jesslyn dalam keterangannya, Rabu 14 Desember 2022. 


 
Talenta Evani Jesslyn yang mendirikan Strada Coffee di Jl. Letnan Jenderal S. Parman No.47A, Gajahmungkur, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah, akhirnya terdengar hingga Istana Presiden. 

"Saya diperkenankan untuk menyajikan kopi-kopi terbaik di Indonesia kepada Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, sebanyak 2 kali. Yang pertama di Istana Bogor tahun 2017 pada hari kopi internasional, saya menyajikan kopi Toraja dan Jawa. Yang kedua kali di Jakarta, saya menyajikan kopi-kopi Indonesia hasil produksi saya seperti kopi dari Papua, Bali, dan lain-lain," ungkapnya. 

Adapun kopi Toraja tersebut didatangkan dari wilayah kaki Gunung Sesean dengan ketinggian 1400-2100 mdpl. Tidak heran banyak yang bilang Toraja ini adalah negeri di atas awan. Pada elevasi setinggi ini, serta jenis tanah andosol, rasa dari kopi akan menjadi sangat kompleks. Hal ini yang menjadi alasan utama mengapa kopi Toraja memiliki aroma floral yang menonjol.

Halaman Selanjutnya
img_title