Kalsium Hingga Zat Besi, Ini 4 Nutrisi yang Sangat Dibutuhkan Ibu Hamil

Ilustrasi hamil/ibu hamil.
Ilustrasi hamil/ibu hamil.
Sumber :
  • Freepik/user18526052

VIVA Parenting – Bagi ibu hamil asupan makanan dan nutrisi biasanya meningkat. Hal tersebut dikarenakan bayi dalam kandungan juga membutuhkan asupan nutrisi dan gizi untuk pertumbuhan dan perkembangannya. 

Hal yang paling penting selain gizi adalah mineral kalsium. Di mana kalsium ini berperan penting dalam pembentukan dan pertumbuhan tulang serta gigi janin dalam kandungan. Yuk, scroll untuk https://www.viva.co.id//gaya-hidup/parenting/1556459-kalsium-hingga-zat-besi-ini-4-nutrisi-yang-sangat-dibutuhkan-ibu-hamil selengkapnya. 

Selain untuk pertumbuhan gigi dan tulang, manfaat kalsium juga sangat penting bagi pengoptimalan saraf, otot dan hati. Kebutuhan kalsium pada ibu hamil dapat dipenuhi dengan berbagai makanan dan minuman seperti keju, susu dan yoghurt. 

Selain itu, beberapa sayur dan buah juga memiliki kandungan kalsium yang baik, seperti tahu, kacang, jeruk, ikan sarden dengan tulangnya dan juga bayam. 

Ilustrasi buah dan sayur organik

Ilustrasi buah dan sayur organik

Photo :
  • Pixabay/ Larisa-K

kebutuhan kalsium yang dibutuhkan untuk seorang wanita umumnya sebanyak 1000 miligram per hari. Akan tetapi, angka kecukupan gizi untuk mineral kalsium tersebut akan berubah saat wanita sedang hamil.

Menurut Peraturan Menkes Nomor 28 Tahun 2019 tentang angka kecukupan gizi (AKG), kebutuhan kalsium untuk ibu hamil bertambah sebanyak 200 mg dari kebutuhan biasanya. Jadi dapat disimpulkan, kebutuhan kalsium ibu hamil usia 20 - 49 tahun adalah sekitar 1200 mg setiap harinya.

Halaman Selanjutnya
img_title