Anak Alami Luka Ringan di Rumah? Begini Pertolongan Pertamanya

Ilustrasi anak menangis
Ilustrasi anak menangis
Sumber :
  • Unsplash

VIVA Parenting – Malam Tahun Baru menjadi momen yang ditunggu-tunggu untuk berkumpul. Perayaan akhir tahun bareng di kecil memang paling cocok dilakukan di rumah untuk menghindari dampak kurang baik, mulai dari kerumunan hingga bisingnya musik yang mungkin diputar di beberapa tempat.

Meski perayaan Tahun Baru bersama anak bisa dilakukan di rumah, para moms tetap tak boleh lengah. Sebab, berbagai hal dapat terjadi saat rumah menjadi tempat berkumpul bersama sanak keluarga lain, serta tempat bermain anak-anak. Di berbagai sudut rumah, berisiko akan dampak cedera atau kecelakaan yang mungkin tak pernah dipikirkan para orangtua. Scroll untuk https://www.viva.co.id//gaya-hidup/parenting/1560611-anak-alami-luka-ringan-di-rumah-begini-pertolongan-pertamanya selengkapnya.

Dokter Spesialis Anak sekaligus Founder @tentanganakofficial, dr. Mesty Ariotedjo, Sp.A, mengatakan bahwa hal paling utama dalam mencegah hal buruk terjadi pada anak adalah dengan memastikan lingkungannya aman untuk dieksplorasi. Pada dasarnya, anak yang bermain akan sangat gemar menjelajahi berbagai hal di rumah sehingga bagian yang berpotensi bahaya, harus segera dibatasi.

Ilustrasi ibu dan anak/parenting/anak bermain.

Ilustrasi ibu dan anak/parenting/anak bermain.

Photo :
  • Freepik/gpointstudio

"Misalnya, stop kontak yang ada di sekitar rumah, jangan sampai mereka akses itu. Pastikan lingkungan aman," kata Mom Influencer itu dalam webinar Tentang Anak x Hansaplast, baru-baru ini.

Pastikan pula, keamanan lingkungan agar anak tidak terpeleset atau jatuh yang berisiko pada cedera. Meski jatuh merupakan proses anak untuk belajar hal baru, namun para ibu tetap harus memastikan kapan cedera usai terjatuh termasuk ringan atau darurat.

"Ketahui tanda anak harus bawa ke IGD. Mastiinnya gimana? Harus punya pertolongan pertama di rumah. Misal, luka ada banyak tipe. Luka baret, lecet di permukaan, ada juga luka lebih dalam lagi," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
img_title