Soal Kartel Tiket Pesawat, Ini Respons Menparekraf Sandiaga Uno

Menparekraf Sandiaga Uno
Menparekraf Sandiaga Uno
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Travel – Beberapa pekan lalu, Mahkamah Agung (MA) telah mengabulkan permohonan kasasi Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) terhadap putusan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. 

Adapun putusan PN Jakarta Pusat yang dimaksud adalah membatalkan putusan KPPU tentang dugaan kartel harga tiket pesawat kelas ekonomi yang dilakukan oleh tujuh maskapai penerbangan.

Ketujuh maskapai penerbagan itu antara lain Garuda Indonesia, Citilink, Sriwijaya Air, Nam Air, Batik Air, Lion Air dan Wings Air. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Terkait dengan kasus kartel tiket pesawat ekonomi tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno angkat bicara. Dijelaskan oleh Sandi, penetapan tarif atas dan tarif bawah sendiri telah diatur oleh Kementerian Perhubungan.

Menparekraf Sandiaga Uno

Menparekraf Sandiaga Uno

Photo :
  • Istimewa

"Kami belum bisa menanggapi karena belum memiliki informasi,” ungkap Sandiaga Uno dalam Jumpa Pers Akhir Tahun, Senin 26 Desember 2022.

“Tapi pada intinya pengaturan dari harga tiket baik batas atas dan batas bawah itu telah diberikan panduan oleh Kementerian Perhubungan. Tentunya ini selalu dikoordinasikan dengan maskapai penerbangan," tambahnya.

Lebih lanjut, Sandi berharap dengan adanya penambahan jumlah penerbangan dan ketersediaan kursi bisa mempengaruhi penurunan harga tiket pesawat kelas ekonomi.

Halaman Selanjutnya
img_title