Jelang Imlek, Klenteng Tay Kek Sie dan Kawasan Pecinan Semarang Bersolek

Klenteng Tay Kek Sie Gang Lombok Pecinan Semarang
Klenteng Tay Kek Sie Gang Lombok Pecinan Semarang
Sumber :
  • VIVA/ Teguh Joko Sutrisno/ Semarang

VIVA Travel – Perayaan tahun baru China atau Imlek 2574 Kongzili akan dilakukan pada Minggu 22 Januari 2023 pekan ini. Sejumlah klenteng di Kawasan Pecinan Kota Semarang mulai melakukan persiapan untuk menyambut kedatangan warga yang ingin melakukan sembahyang.

Satu di antaranya adalah Klenteng Tay Kak Sie atau populer dengan sebutan Klenteng Gang Lombok. Klenteng tua di Semarang tersebut memang menjadi tempat yang ramai pada setiap perayaan Imlek. Terutama warga keturunan Tionghoa yang melakukan sembahyang. 

Selama dua hari pada Minggu dan Senin kemarin, pengurus Klenteng Tay Kek Sie melakukan bersih-bersih klenteng dan patung-patung yang ada di dalamnya. Selain itu juga memasang beberapa pernak-pernik Imlek.

"Sudah dua hari kita lakukan tradisi bersih-bersih, Minggu dan Senin kemarin. Sekarang sudah siap sambut Imlek dan biasanya yang datang lebih banyak," kata salah satu pengurus Klenteng, Senin (16/1).

Selain menjadi tempat beribadah, Klenteng yang dibangun pada 1746 ini juga menjadi destinasi wisata heritage dan religi di Semarang. Diprediksi pada Imlek tahun ini, Klenteng Tay Kek Sie dan kawasan di sekitarnya akan ramai pengunjung, baik yang akan sembahyang maupun yang akan berwisata. Hal itu mengingat saat ini aturan PPKM sudah dicabut sehingga tidak ada pembatasan kegiatan lagi.

Ada beberapa tempat menarik di sekitar Klenteng Tay Kek Sie untuk dikunjungi. Yang paling dekat adalah kedai kuliner Lunpia Gang Lombok. Lokasinya persis di sebelah klenteng. Ini adalah salah satu warung lunpia legendaris di Kota Semarang yang tetap membuat lunpia dengan rasa orisinil sejak pertama kali dibuat lebih seabad lalu. Warungnya juga tetap di lokasi yang sama seperti sekarang.

Halaman Selanjutnya
img_title