Asyiknya Kongko di Pasar Modern Bintaro

Pasar Modern Bintaro
Pasar Modern Bintaro
Sumber :
  • ecetemelkuran.com/Anhar Rizki Affandi

ecetemelkuran.com - Puluhan tenda hitam kombinasi kuning berjajar rapi di atas conblock yang masih basah. Sore itu rupanya baru diguyur hujan. Di depannya berjajar ruko-ruko dan mobil parkir. Dari atap tenda membumbung tinggi asap kudapan. Bau harum bumbu masakan menyengat menggugah selera.

Di ujung jalan, depan pintu masuk, api menjilat hingga ke atas wajan. Pramusaji terampil mengolah masakan. Sesekali melemparkan olahannya ke atas. Wangi rempah-rempah mulai menusuk hidung.

Malam itu, lahan parkir Pasar Modern Bintaro disulap menjadi lokasi jajanan kuliner. Berbagai kudapan tersaji. Mulai dari panganan tradisional hingga internasional. Semua disajikan khas kaki lima.

Tempat kuliner yang berada di Pusat Kawasan Niaga Bintaro Jaya sektor 7 ini berdiri di atas lahan parkir sebuah pasar. Jangan dahulu membayangkan pasar tradisional pada umumnya. Tempat kuliner ini jauh dari kesan kumuh, banyak sampah atau becek.

Para pengunjung dijamin betah berlama-lama. Menikmati jajanan sambil melepas lelah setelah seharian bekerja, tanpa harus mencium bau busuk sampah. Setiap sudut di tempat itu disediakan bak sampah organik dan basah.

Kuliner malam di pasar modern ini buka mulai pukul 18.00 WIB. Para pengunjung bisa menikmati berbagai kudapan atau sekadar kongko hingga tengah malam. Pengelola membatasi waktu berjualan maksimal hingga pukul 01.00 dini hari.

Pasar Modern Bintaro

Suasana di salah satu sudut Pasar Modern Bintaro. Foto: ecetemelkuran.com/Anhar Rizki Affandi

"Kalau untuk hari Sabtu dan Minggu biasanya tutup pukul 02.00 pagi," kata Kepala Operasional Pasar Modern, Bintaro, Adyantoro kepada ecetemelkuran.com, belum lama ini.

Sejak berdiri empat tahun lalu, tempat kuliner di Bintaro ini sudah memiliki banyak pelanggan. Rata-rata, orang yang mampir tempat ini adalah mereka yang baru pulang kantor.  Sebelum kembali ke rumah, mereka mampir untuk mengisi perut.

"Karena tempatnya juga strategis begitu keluar dari tol bisa langsung  mampir," ujar Adyantoro.

Bisa dikatakan, mereka yang datang ke tempat kuliner malam pasar modern ini adalah warga Bintaro karena lokasinya yang berada di tengah-tengah hunian Bintaro Jaya.

"Hampir 50 persen warga Bintaro menengah kelas atas, sisanya dari warga sekitar," ucap dia.



Kuliner pasar modern tersebut didesain dengan lebih mengutamakan kenyamanan pengunjung. Baik pengunjung pasar di pagi hari, maupun di malam hari. Dipastikan, mereka yang makan atau berbelanja di tempat ini tidak terganggu dengan pengamen atau pengemis.

"Bukan kami melarang pengamen dan pengemis, tapi kami lebih mengutamakan kenyamanan serta ketertiban. Itu yang diutamakan," kata Adyantoro.

Mira (30), salah seorang pelanggan kuliner malam pasar modern ini, mengaku sering mampir ke tempat tersebut. Alasannya sederhana, jajanan yang ada di sini ini bermacam-macam."Suasananya ramai, dekat rumah, jajanannya banyak dan juga kondisi di sini tempatnya bersih," ujar warga Bintaro ini.

Mira kadang mengajak teman-temannya seminggu sekali makan di tempat ini. Dia mengaku sudah memiliki jajanan tetap yang wajib dinikmati setiap pekannya. Hidangan laut menjadi pilihan Mira bersama teman-temannya menikmati akhir pekan.

"Kalau lagi pengen, seminggu sekali, dan biasanya saya makan seafood yang terletak di dekat pintu masuk. Soalnya seafood-nya 32 enak," kata Mira.

Halaman Selanjutnya
img_title