Monster Pokemon Bikin Takut

Bermain Pokemon Go.
Bermain Pokemon Go.
Sumber :
  • REUTERS/Toru Hanai

ecetemelkuran.com – Polisi, tentara, dan pegawai negeri sipi (PNS) di Indonesia sudah dilarang bermain Pokemon Go. Alasan pelarangan ini beragam.

Pihak Kepolisian secara tegas melarang para personelnya untuk bermain Pokemon Go saat sedang berdinas. Sampai-sampai, pihak Istana, gedung DPR juga melarang game ini dimainkan di lingkungan tersebut. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PAN RB), Yuddy Chrisnandi, pun mengeluarkan surat pelarangan bermain Pokemon Go.

Alasan yang dipaparkan pihak Kepolisian mungkin dianggap paling masuk akal. Game itu dianggap tidak memberi manfaat bagi institusi dan hanya akan mengganggu pelayanan kepada publik.

“Setelah dilakukan pengkajian, kita melihat, apabila anggota kepolisian sibuk bermain game maka dikhawatirkan akan mengganggu pelayanan pada masyarakat, mengganggu konsentrasi. Oleh karena itu dalam konteks sedang dinas, itu dilarang memainkan Pokemon Go,” ujar Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Irjen Pol Rafli Amar, kepada ecetemelkuran.com.

Pelarangan ini tidak hanya mencakup memainkan game tersebut, tapi juga menjadikan Mabes Polri atau kantor polisi sebagai lokasi mencari monster. Untuk hal ini, kepolisian dan institusi keamanan lainnya dan pemerintah di Indonesia menganggap teknologi geospasial yang digunakan memungkinkan intelijen untuk memetakan fasilitas penting yang ada di Indonesia. Sedangkan fitur kamera yang selalu menyala dianggap bisa mengirimkan gambar-gambar fisik dari fasilitas penting tersebut.

Pengamat Intelijen, Wawan Purwanto, menjelaskan game itu memiliki teknologi yang mampu memotret atau merekam gambar visual secara real time. Teknologi pemotretan dari udara, citra satelit, maupun gambar, dari delapan sudut mata angin, bisa diambil oleh intelijen asing lewat bantuan Pokemon Go.

Hal ini dikarenakan adanya hubungan game itu dengan teknologi pemetaan milik Google. Google Maps atau Earth sendiri dianggap Wawan sebagai teknologi yang berpotensi membuat pemetaan seluruh lokasi di dunia, termasuk Indonesia dan fasilitas penting di dalamnya.

Halaman Selanjutnya
img_title