Ganas dan Indahnya Himalaya

Royal Enfield Himalayan Odyssey 2016.
Royal Enfield Himalayan Odyssey 2016.
Sumber :
  • Dok: Royal Enfield

ecetemelkuran.com - Pegunungan merupakan wilayah yang jarang dijadikan tempat tinggal oleh manusia. Wajar, mengingat tidak semua orang mampu beradaptasi di lingkungan alam yang ekstrem.

Berbicara mengenai pegunungan, Himalaya paling populer dibincangkan. Berada di Benua Asia, Pegunungan Himalaya membentang sejauh 2.400 kilometer dan melintasi lima negara, yakni Bhutan, India, Nepal, China, dan Pakistan.

Namun, di antara lima negara tersebut, India, Nepal dan Bhutan yang mendominasi wilayah pegunungan tersebut.

Dilansir dari Himalaya2000, nama Himalaya berasal dari Bahasa Sansekerta Hima dan A-Laya. Hima berarti salju dan dingin, sementara A-Laya memiliki arti dataran atau tempat berkumpul.

Zaman dulu, Himalaya menjadi salah satu jalur utama perdagangan. Dikenal dengan istilah Jalur Sutra, pegunungan ini menghubungkan wilayah Asia Tengah dengan Asia Selatan.

Akibat sering dilintasi oleh orang-orang dari berbagai negara, beberapa kota mengalami asimilasi budaya.

Bahkan, menurut laporan jurnalis ecetemelkuran.com yang beberapa waktu lalu berkesempatan mengunjungi Kota Leh, Ladakh, tidak ada makanan khas yang bisa ditemukan di kota tersebut.

Himalaya juga menjadi saksi bisu dari perseteruan antara India dengan China. Meski saat ini kedua negara sudah sepakat untuk berdamai, namun konflik-konflik yang terjadi di masa lalu tetap membuat masing-masing pihak tidak mau mengendurkan kekuatan di perbatasan.

Kebetulan, wilayah Jammu dan Kashmir yang berada di Pegunungan Himalaya, menjadi salah satu rute yang sering dilalui untuk memasok kebutuhan tentara India yang berjaga di perbatasan.

Berbicara mengenai Himalaya tidak akan lengkap tanpa membahas mengenai gunung-gunung yang ada di wilayah tersebut.

Himalaya memiliki lebih dari 100 gunung dengan ketinggian tidak kurang dari tujuh ribu meter. Sekedar perbandingan, puncak Gunung Ancocagua di Pegunungan Andes, Amerika Selatan, hanya memiliki elevasi sekitar 6.900 meter dari permukaan laut.

Mount Everest
Gunung Everest

Salah satu gunung yang terkenal di Himalaya yakni Everest. Dengan elevasi 8.848 meter, Everest menjadi gunung dengan puncak tertinggi di dunia.


Halaman Selanjutnya
img_title