Kultur Mistis Penyubur Padepokan

Kapolres Probolinggo mengecek kuburan di kompleks Padepokan Dimas Kanjeng Taat Pribadi. Foto: ecetemelkuran.com/Nur Faishal
Kapolres Probolinggo mengecek kuburan di kompleks Padepokan Dimas Kanjeng Taat Pribadi. Foto: ecetemelkuran.com/Nur Faishal
Sumber :
  • ecetemelkuran.com/Nur Faishal

ecetemelkuran.com – Siang menjelang ketika sosok perempuan berparas cantik masuk ke halaman Polda Metro Jaya, Jakarta. Baju gamis cokelat muda yang dipadupadan dengan jilbab merah siang itu membuat wajah Elma seolah bercahaya.

Rabu, 21 September 2016, aktris kelahiran 3 Oktober 1974 ini kembali memenuhi panggilan polisi. Pemilik nama lengkap Elma Theana ini memang menjadi saksi kunci kasus dugaan pelecehan seksual, penggunaan narkoba dan kepemilikan senjata api milik Gatot Brajamusti, ketua Umum Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI).

Tak ada sepatah kata pun yang keluar dari bibir Elma. Ia terus menggenggam erat tangan Ina Rachman, pengacaranya. Hari itu, pemeriksaan terbilang lama. Setidaknya selama lima jam Elma dimintai keterangan oleh penyidik Kepolisian. Saat hari menjelang sore, Elma baru terlihat keluar dari ruangan. Namun, ia irit berbicara.

"Saya hanya mengenal mereka (korban Aa Gatot). Saya tidak melihat (pelecehan seksual)," ujarnya singkat.

Pelarian Elma

Sembilan tahun silam, tepatnya sejak tahun 2002-2011, Elma berguru di padepokan Aa Gatot. Padepokan tersebut yang mengenalkan kerudung kepadanya hingga kini itu. Elma mendaulat Aa Gatot atau Gatot Brajamusti sebagai guru spiritualnya. Perlakuan Gatot yang mengayomi, membuatnya bisa melupakan retaknya biduk rumah tangganya yang hancur usai bercerai setelah lima tahun menikah dengan seorang seniman kaligrafi bernama Fary Indarto.

Untuk itu, apa pun yang dititahkan Gatot, termasuk penggunaan Aspat yang disebut makanan jin dan belakangan terungkap ternyata sabu-sabu pun dilakoni Elma. Namun, keluguan itu yang menjerumuskan Elma begitu dalam di padepokan Aa Gatot.

"Saya merasa ada sesuatu masuk ke badan saya. Kayak ada jin masuk ke badan saya. Tapi begitu habis, ibadah berkurang, zikir tidak seperti kemarin (bersemangat)," ujar Elma mengenang Aspat atau makanan  jin milik Gatot Brajamusti.

Gelap mata itulah yang akhirnya  membuat Elma nekat menerabas peringatan keluarganya tentang kejanggalan sosok Gatot. Bagi Elma, Aa Gatot adalah segalanya. Ia beragama, punya ilmu gaib dan bisa menyembuhkan masalah yang sedang menerpa Elma saat itu.

Halaman Selanjutnya
img_title