Renyahnya Bisnis Apartemen

Sejumlah bangunan apartemen berdiri di antara kawasan padat penduduk di Bandung
Sejumlah bangunan apartemen berdiri di antara kawasan padat penduduk di Bandung
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

ecetemelkuran.com – Puluhan orang berusia muda tampak lalu lalang. Mereka hilir mudik, keluar masuk gedung bertingkat yang berlokasi di Jalan Margonda, Depok, Jawa Barat ini. Beberapa di antaranya terlihat menggendong tas ransel dan menenteng buku. Sesekali, terdengar tawa renyah mereka saat masuk lobi gedung.

Pemandangan serupa juga terlihat di luar gedung. Sejumlah kendaraan roda empat terlihat keluar masuk area gedung. Puluhan mobil beragam merek itu melintas dan berhenti tepat di depan lobi, guna menurunkan penumpang yang sebagian besar berusia muda. Basement gedung yang digunakan sebagai lahan parkir juga dijejali mobil dan kendaraan roda dua.

Gedung 18 lantai yang nyaris tak pernah sepi ini merupakan Margonda Residence II. Apartemen yang terletak di pusat Kota Depok ini hanya berjarak sekitar 300 meter dari kampus Universitas Indonesia.

Sebagai salah satu daerah penyangga Ibu Kota yang berlokasi di selatan Jakarta, Depok mengalami pertumbuhan ekonomi yang lumayan pesat. Kondisi ini terlihat di kawasan Margonda, wilayah yang dikenal sebagai jantung Kota Depok. Margonda yang tak pernah tidur ini menjadi magnet bagi para pengembang.

“Ya hukum ekonomi lah. Ketika banyak permintaan sudah pasti ada barang,” ujar Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna, kepada ecetemelkuran.com, Kamis 30 Maret 2017.

Meski demikian, Pemerintah Kota Depok mulai membatasi pembangunan apartemen di kawasan tersebut. Ini dilakukan, lantaran pemerintah khawatir dengan ledakan jumlah penduduk yang dibarengi dengan melonjaknya volume kendaraan.

“Bisa dibayangkan, jika satu apartemen saja jumlah penghuninya ada sekitar 500 orang, kemudian sebagian memiliki mobil maka akan berdampak pada arus lalu lintas di kawasan tersebut,” ujar Pradi menambahkan.

sorot apartemen di ipb bogor

Tak hanya Depok, pembangunan apartemen juga mulai merambah Bogor. Salah satunya, pembangunan apartemen di Desa Cikarawang, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (ecetemelkuran.com/Ayatullah Humaeni)

Tak hanya Depok, pembangunan apartemen juga mulai merambah Bogor. Salah satunya, pembangunan apartemen di Desa Cikarawang, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Halaman Selanjutnya
img_title