Saya Bukan Menteri yang Kaku

Mensos Juliari P Batubara
Mensos Juliari P Batubara
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Bagi sebagian orang namanya belum begitu familiar, baik sebagai politikus maupun birokrat. Namun, di dunia bisnis dan otomotif namanya sudah sudah sangat dikenal. Pasalnya, pria yang hangat dan ramah ini merupakan pengusaha yang sudah malang melintang di dunia bisnis. Sementara di otomotif, ia pernah menjadi orang nomor satu di Ikatan Motor Indonesia.

Juliari Peter Batubara demikian nama lengkap pria yang dipercaya Presiden Joko Widodo untuk menjadi Menteri Sosial ini. Kepada VIVAnews, politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini mengaku kaget dengan jabatan yang dipercayakan padanya tersebut. Pasalnya, ia mengaku awam terkait kerja-kerja di kementerian yang baru saja ditinggalkan Agus Gumiwang Kartasasmita tersebut. Untuk itu ia harus belajar banyak terkait tugas dan tanggung jawabnya di Kementerian Sosial

Sejumlah hal sudah dilakukan oleh pria kelahiran Jakarta pada 22 Juli 1972. Selain itu, ia juga membuat sejumlah terobosan terkait tugas pokok dan fungsi kementerian yang ia pimpin. Salah satunya membuat tagline dan kultur baru di Kemensos.

Demikian petikan Wawancara Khusus antara VIVAnews dengan alumni Riverside City College dan Chapman University di Amerika Serikat ini.

Bisa diceritakan bagaimana Anda bisa menjadi Menteri Jokowi?

Saya kaget sebenarnya. 

Kenapa?

Karena saya sadar saya tidak expert sama sekali. Saya sebelumnya di DPR RI itu tahun 2014-2019, kemudian tahun 2019 kemarin itu saya terpilih lagi menjadi anggota DPR RI. Nah, dalam perjalanannya tiba-tiba saya dapat telepon dari pimpinan partai saya. Beliau menyampaikan agar saya bersiap-siap karena nama saya disebut untuk mendampingi Pak Presiden sebagai salah satu menterinya di periode ini.

Apa respon Anda?

Saya waktu itu masih belum percaya. Saya berfikiran, ah masa iyaa saya yang diminta. Kan yang lain masih banyak. Yang lebih senior juga banyak, yang lebih ngetop juga banyak. Kan saya gak ngetop sama sekali.

Lalu?

Halaman Selanjutnya
img_title