Gunakan Teknologi Untuk Urai Kemacetan, Dishub dan Google Siap Gelar Uji Coba

Lampu merah (traffic light)
Lampu merah (traffic light)
Sumber :
  • Dok, Polda Metro Jaya

VIVA Otomotif – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan, bakal menggunakan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelegence (AI) untuk mengurai kemacetan di kawasan Jakarta. Diketahui, teknologi ini digunakan untuk mengatur durasi lalu lintas di Ibu Kota.

Kepala Dishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo menyebutkan penerapan AI akan dilakukan pada awal tahun depan dan uji coba bakal diterapkan di lima ruas jalan. 

“Masih dalam tahap penyiapan kajian, konsep, kemudian dilakukan penilaian, setelah itu akan diaplikasikan,” kata Syafrin di Jakarta, dikutip Rabu 14 Desember 2022.

Adapun lima ruas jalan yang dimaksud Syafrin di antaranya Jalan Imam Bonjol, Jalan Pangeran Diponegoro, Jalan Proklamasi, Jalan Pramuka, dan Jalan Pemuda.

Lampu lalu lintas di jalan Jakarta

Lampu lalu lintas di jalan Jakarta

Photo :
  • VIVAnews/Maryadie

“Sepanjang jalan ini kurang lebih 11 simpang yang diatur dengan lampu lalu lintas. Simpang-simpang itu akan menggunakan data satelit Google,”

Lebih lanjut, Syafrin menjelaskan nantinya teknologi AI akan menganalisis volume lalu lintas (lalin) pada ruas jalan, termasuk merekomendasikan persimpangan jalan yang perlu diberi durasi lampu hijau menyala lebih panjang.

Halaman Selanjutnya
img_title