Polri Terbitkan SIM Sementara, Legalitasnya Dijamin

Peserta antre membuat Surat Izin Mengemudi (SIM)
Peserta antre membuat Surat Izin Mengemudi (SIM)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

VIVA Otomotif – SIM atau Surat Izin Mengemudi merupakan dokumen yang wajib dimiliki oleh pengemudi baik sepeda motor maupun mobil. Namun, kehadiran surat tersebut sangat terbatas di beberapa wilayah.

Alhasil, Korlantas Polri menerbitkan SIM sementara bagi pemohon yang sudah dinyatakan layak dalam mengemudi. Selain itu, fungsi kehadirn surat ini juga bisa menjadi alat bukti identifikasi forensik bagi kepolisian.

Diketahui, salah satu wilayah yang mendapatkan SIM sementara adalah Lamongan, Jawa Timur. Satlantas Polres memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait surat tersebut sembari mereka menunggu pengiriman material.

Pelatih sementara Persis Solo, Rasiman.

Pelatih sementara Persis Solo, Rasiman.

Photo :
  • VIVA/Fajar Sodiq

Kasat Lantas Polres Lamongan, AKP Aristianto Budi Sutrisno mengatakan pihaknya melakukan hal ini dikarenakan adanya pembaruan material SIM. Dalam surat tersebut nantinya akan ada material yang baru dilengkapi dengan barcode.

"Bagi pemohon SIM baru dan perpanjang akan diberi blanko sementara karena ada pembaharuan dan pemutakhiran SIM yang ada barcode pada SIM dengan material baru yang akan disiapkan Korlantas Polri," ujar Budi, dikutip VIVA dari NTMCPolri Sabtu 17 Desember 2022.

Lebih lanjut, dia menegaskan kehadiran pengganti SIM sementara ini sah dan legal.  Hal itu dikarenakan telah dicantumkan nomor registrasi pemohon, dan disiapkan nomor call center Satlantas Polres Lamongan apabila ada pertanyaan dari masyarakat.

Halaman Selanjutnya
img_title