Lampu Kamera ETLE Bikin Kaget Pengendara, Polri: Harus Mulai Terbiasa

Ilustrasi kamera ETLE
Ilustrasi kamera ETLE
Sumber :
  • Korlantas Polri

VIVA Otomotif – Electronic Traffic Law Enforcement atau yang kerap disebut ETLE merupakan sistem penindakan yang menggunakan kamera, untuk merekam pelanggaran lalu lintas. Sistem ini telah berlaku di beberapa daerah Indonesia.

Dalam mengimplementasikan penggunaan sistem ini, Polri terus mendorong agar daerah lain menerapkan penegakan hukum dengan basis IT tersebut. Alasannya, sistem ini mudah dioperasikan dalam menjaring pelanggar lalu lintas.

Meski begitu, banyak dari pengendara baik itu sepeda motor maupun mobil yang belum terbiasa dengan sistem tersebut. Alhasil, ketika mereka di jalan dan tertangkap kamera ETLE, lampu otomatis berkedip yang membuat kaget seketika saat mengendarai.

Pemasangan kamera ETLE di wilayah Kabupaten Bekasi

Pemasangan kamera ETLE di wilayah Kabupaten Bekasi

Photo :
  • Korlantas Polri

Hal tersebut kerap dirasakan oleh pengendara yang beraktivitas menggunakan kendaraan di jalan. Salah satunya diunggah oleh akun @infotangerang.id, dikutip VIVA Kamis 29 Desember 2022, yang menuliskan 'kadang pulang kerja suka kaget ada kedap-kedip, ternyata lampu ETLE'.

Banyak dari warganet yang menyentujui unggahan tersebut bahwa kamera ETLE kerap bikin kaget di jalan ketika mengendarai. Namun, pihak Polri mengimbau bahwa mereka harus mulai terbiasa akan sistem tilang elektronik baru tersebut.

Kasubdit Gakum Ditlantas Polda Kaltara, Kompol Eko Nugroho mengatakan masyarakat khususnya para pengendara harus terbiasa dengan hal tersebut. Terebih, dari 26 Polda yang ada di Indonesia juga merasakan keanehan saat pertama kali memasang ETLE di wilayah masing-masing.

Halaman Selanjutnya
img_title