Ribuan Pelanggar Lalu Lintas Terjaring ETLE Selama Libur Akhir Tahun 2022

VIVA Otomotif: Polisi gunakan tilang ETLE pada pelanggar aturan lalu lintas.
VIVA Otomotif: Polisi gunakan tilang ETLE pada pelanggar aturan lalu lintas.
Sumber :
  • Tangkapan layar Instagram @fakta.indo

VIVA Otomotif  – Electronic Traffic Law Enforcement atau ETLE merupakan sistem yang akan mencatat, mendeteksi dan memotret pelanggaran kendaraan di jalan raya melalui kamera CCTV. Sistem ini telah diterapkan di berbagai wilayah Indonesia.

Saat ini masyarakat Indonesia tengah memasuki masa liburan panjang dan pergantian tahun. Untuk melancarkan kegiatan tersebut, Korlantas Polri melakukan operasi lalu lintas kepada para pengendara baik sepeda motor maupun mobil.

Salah satu bentuk operasi yang mereka terapkan adalah sistem tilang elektronik. Selama liburan panjang, sistem ini sudah menjaring pelanggar lalu lintas yang tertangkap oleh kamera CCTV di berbagai jalan.

Peresmian Mobil ETLE lalu lintas

Peresmian Mobil ETLE lalu lintas

Photo :
  • VIVA/Muhammad Thoifur

Hal itu diungkap langsung oleh Juru Bicara Divisi Humas Polri, Kombes. Pol Tjahyono Saputro. Dia mengatakan pihaknya berhasil mencatat sebanyak 2.633 kendaraan telah melakukan pelanggaran lalu lintas. Pelanggaran itu berdasarkan di sejumlah wilayah di Indonesia selama liburan Natal dan tahun baru.

"Untuk data pelanggar berdasarkan hasil pantauan kamera ETLE sebanyak 2.633 perkara, beberapa dari mereka terbukti melanggar lalu lintas," ujar Tjahyono melalui keterangan resmi, dikutip VIVA Jum'at 30 Desember 2022.

Adapun para pelanggar yang di incar dari sistem ETLE seperti pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm, berboncengan lebih dari dua orang, pengemudi mobil yang tidak menggunakan sabuk pengaman, ganjil-genap dan pengendara yang melawan arus.

Halaman Selanjutnya
img_title