Tahun Depan Kawasan Ini Mulai Berlakukan Sistem One Way

Polisi lakukan penerapan peraturan lalu lintas, One Way di Tangerang Selatan
Polisi lakukan penerapan peraturan lalu lintas, One Way di Tangerang Selatan
Sumber :
  • Korlantas Polri

VIVA Otomotif – Sistem satu atau yang kerap disebut One Way, merupakan rekayasa lalu lintas dengan mengubah jalur yang tadinya dua arah menjadi satu arah. Upaya ini dilakukan untuk meningkatkan kapasitas jalan sehingga mencegah kemacetan.

Sejatinya sistem ini telah diberlakukan di beberapa daerah Indonesia. Dalam mengimplementasikan penggunaan sistem ini, Polri terus mendorong agar daerah lain menerapkan ini untuk mengurangi kemacetan.

Salah satu wilayah yang akan menerapkan sistem ini adalah kawasan Pamulang dan SerpongTangerang Selatan (Tangsel). Kehadiran sistem tersebut dapat membantu polri di sana dalam bertugas mengatur lalu lintas kendaraan yang melintas di kawasan tersebut.

One way di Jalur Gentong, Tasikmalaya.

One way di Jalur Gentong, Tasikmalaya.

Photo :
  • tvOne/Denden Ahdani - Tasikmalaya

Kepala Lalu Bidang Lintas (Kabid Lalin) Dinas Perhubungan Kota Tangsel, Topan mengatakan pemberlakuan sistem satu arah ini akan mulai efektif diberlakukan pada periode awal tahun 2023. Beberapa jalan di kawasan tersebut sudah di uji coba, tepat tanggal 20 hingga 24 Desember 2022 lalu. 

"Uji coba One Way di kawasan Serpong berlangsung di Simpang Tiga Buaran – Simpang Empat Viktor – Simpang Empat Muncul hingga Simpang Bundaran Tekno. Ada dua opsi yang dijalankan, di mana masing-masing dilakukan selama dua hari," ujarnya, dikutip VIVA dari Korlantas Polri, Sabtu 31 Desember 2022.

Pada opsi pertama, seluruh kendaraan dari arah BSD menuju Simpang Empat Viktor dibuat satu arah melalui Jalan Buaran. Lalu arus kendaraan yang menuju Simpang Empat Muncul dari arah Simpang Empat Viktor juga dibuat satu arah. 

Halaman Selanjutnya
img_title